Jangan Lupa, Hari Ini Pengisian PDSS untuk SNMPTN Dimulai

Senin, 11 Januari 2021 - 22:43 WIB
loading...
Jangan Lupa, Hari Ini Pengisian PDSS untuk SNMPTN Dimulai
LTMPT mengumumkan, Senin (11/1) dimulai proses pengisian PDSS sebagai rangkaian penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN. Foto/Humas LTMPT
A A A
JAKARTA - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan prestasi akademik. Prosesnya terdiri dari beberapa tahap sampai pengumuman peserta yang lolos pada Maret nanti. Hari ini (11/1) masuk pada proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan Senin (11/1) pengisian PDSS dimulai pada pukul 15.00 WIB. Sekolah yang ingin mendaftarkan anak didiknya yang berprestasi bisa login pada https://pdss.ltmpt.ac.id. Input data ini harus dilakukan dengan menggunakan akun yang telah terdaftar di portal LTMPT. (Baca juga: Ingin Daftar SNMPTN 2021, Besok Wajib Masukan Data Ini Sebelum Daftar )

LTMPT memberikan panduan pengisian PDSS yang dapat diunduh pada laman LTMPT di menu Unduhan 2021. Berdasarkan data LTMPT, PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible atau berhak mendaftar. PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS).

Untuk tahun ajaran baru dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Pengisian PDSS dilakuka oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Jadwal pengisian PDSS yang ditetapkan LTMPT ialah mulai 11 Januari sampai 8 Februari 2021.

Selain terdaftar di PDSS, para siswa yang akan mendaftar juga dipastikan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Selain pendaftar SNMPTN harus memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. (Baca juga: Catat! Ini Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru di UI )

Siswa yang akan bersaing di SNMPTN bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)