Didukung E-Resources, Perpustakaan UI Raih Akreditasi A

Sabtu, 16 Januari 2021 - 00:53 WIB
loading...
Didukung E-Resources, Perpustakaan UI Raih Akreditasi A
UPT Perpustakaan UI meraih Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N) PNRI. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Indonesia meraih Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penyerahan Sertifikat Akreditasi dilakukan secara daring kepada Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, Utami Budi Rahayu Hariyadi.

“Ini adalah akreditasi pertama UPT Perpustakaan UI. Puji syukur, langsung mendapat nilai A. Hasil akreditasi yang dicapai ini merupakan bukti bahwa pengelolaan UPT Perpustakaan UI telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi,” kata Utami melalui siaran pers, Jumat (15/1).

Proses Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan pada 5 November 2020 secara daring dan dihadiri oleh Tim Asesor dan pendamping dari LAP-N Perpustakaan Nasional.

Menurut Sekretaris & Asesor LAP-N Zurniaty Nasrul, Perpustakaan UI dapat mengikuti tahapan penilaian dengan baik sesuai arahan dari tim Akreditasi Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI. Hasil Akreditasi selengkapnya dapat dilihat dari rekomendasi Tim Asesor pada saat penilaian.

Perpustakaan UI memenuhi 5 komponen penilaian dengan nilai sangat baik. Yaitu Komponen Koleksi Perpustakaan; Sarana dan Prasarana Perpustakaan; Layanan Perpustakaan; Tenaga Perpustakaan; Penyelenggaranaan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan dan Komponen penguat yang terdiri dari karya inovasi dan kreativitas, keunikan, dan prestasi.

Perpustakaan UI menyediakan 739.171 judul / 865.910 eksemplar buku teks, koleksi khusus, karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi/laporan penelitian), jurnal ilmiah elektronik, koleksi audio visual, koleksi e-books, buku referensi, koleksi majalah dan naskah yang dapat diakses pada laman http://lib.ui.ac.id.

Gedung perpustakaan UI yang memiliki luas 33.000 m2 di atas tanah seluas 2,5 hektar ini memiliki berbagai fasilitas modern, dan layanan baik secara fisik dan online yang dapat dimanfaatkan oleh Sivitas Akademika UI dan masyarakat umum.

Layanan tersebut di antaranya adalah layanan peminjaman koleksi secara mandiri, pelatihan literasi informasi, layanan pencegahan plagiarisme, layanan penelusuran literatur, layanan Knowledge ATM, dan e-Resources Delivery Services untuk para guru besar di lingkungan UI.

Di masa pandemi, permohonan terhadap layanan daring oleh Perpustakaan UI kian meningkat. Sejak 23 Maret 2020, Perpustakaan UI mengalihkan seluruh layanannya yang semula dilakukan secara luring menjadi daring, seperti layanan Penelusuran Literatur, Layanan Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka, dan Layanan Uji Kemiripan.

Selama 3 tahun terakhir, Perpustakaan UI mengikutsertakan pustakawannya dalam kompetisi Pustakawan Berinovasi Tingkat Universitas Indonesia dan meraih juara pertama secara berturut-turut. Pustakawan Perpustakaan UI juga meraih penghargaan Pustakawan Berprestasi yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti RI pada tahun 2018.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)