FT UI Buka Prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota

Jum'at, 05 Februari 2021 - 20:43 WIB
loading...
FT UI Buka Prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota
FTUI membuka Program Studi (Prodi) Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membuka Program Studi (Prodi) Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Prodi ini merupakan 1 dari 3 program magister baru yang dibuka di FTUI untuk Tahun Akademik 2021/2022.

PWK FTUI berorientasi pada perencanaan berbasis kemajuan teknologi perkotaan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat berbasis kota cerdas (people-oriented, smart city for all), dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Baca juga: IPB University Buka Program Profesi Insinyur, Pendaftaran Hingga 21 Februari


Magister Multidisiplin PWK FTUI menekankan pada interdisiplin pengembangan standar perencanaan perkotaan yang ramah lingkungan (eco-friendly), kota sehat (healthy resilience), dan berbudaya.

Struktur mata kuliah di program PWK FTUI dikembangkan dari berbagai rujukan universitas unggul seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of California at Berkeley (UC- Berkeley), University of Illinois at Urbana-Champaign (UIUC), dan Harvard University (HU).

Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono mengatakan, setiap tahun, terdapat sebanyak 1.300 magister lulusan S2 perencanaan kota dari 22 universitas di Indonesia yang menyediakan program studi tersebut.

Baca juga: Prodi Kimia IPB University Diburu Calon Mahasiswa, Ini Keunggulannya


Dia menjelaskan, kebutuhan tenaga ahli perencana kota di Indonesia kurang lebih sebanyak 5.200 orang. "Sehingga Indonesia sekarang membutuhkan tenaga ahli yang kompeten untuk memenuhi target sumber daya manusia regional untuk target pemerataan pembangunan,” katanya melalui siaran pers, Jumat (5/2/2021).

Pada tahun akademik 2021/2022, FTUI membuka tiga prodi magister baru, yaitu Prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah, Prodi Magister Manajemen Integritas Material (MIM), serta Prodi Magister Teknik Lingkungan.

Penjelasan lebih lengkap terkait program magister FTUI dapat dilihat di www.eng.ui.ac.id. Pendaftaran dapat dilakukan melalui jalur SIMAK UI ( https://simak.ui.ac.id ).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1059 seconds (10.55#12.26)