Mulai 2021, Mahasiswa UBP Karawang Magang Kerja Satu Semester

Senin, 08 Februari 2021 - 00:38 WIB
loading...
Mulai 2021, Mahasiswa UBP Karawang Magang Kerja Satu Semester
Fakultas Hukum UBP Karawang bersama pimpinan institusi vertikal akan merubah pola pemagangan menjadi satu semester. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang berencana merubah pola pemagangan atau kerja praktek mahasiswa agar lebih terstruktur dan intensif untuk menambah pengalaman praktis mahasiswa. Untuk melaksanakan program tersebut UBP Karawang menggandeng tiga institusi vertikal yaitu Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Lapas Karawang untuk diajak bekerja sama dalam pemagangan atau kerja praktek mahasiswa dengan pola baru. Nantinya mahasiswa yang kerja praktek diberi waktu lebih lama yaitu satu semester.

Baca juga: Eks Mendikbud M Nuh Kembali Terpilih Sebagai Ketua MWA ITS


"Kalau sebelumnya pemagangan atau kerja praktek mahasiswa itu hanya satu atau dua bulan, sekarang kita buat satu semester. Tujuannya adalah untuk menambah pengalaman mahasiswa dilingkungan pekerjaan. Sehingga ketika sudah selesai perkuliahan mereka lebih siap masuk dunia kerja," kata Dekan Fakultas Hukum UBP Karawang, Deny Guntara," Kamis (4/2/21).

Menurut Deny, program pemagangan ini sejalan dalam menjawab tantangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang digaungkan kampus UBP. Dalam program pemagangan nanti, mahasiswa diberikan kesempatan menimba pengalaman kerja lebih lama. Pemagangan selama satu semester dinilai cukup untuk mahasiswa menimba pengalaman. "Kami ingin menghasilkan alumni yang siap kerja dan memiliki ketrampilan yang memadai masuk dunia kerja," katanya.

Rencana Fakultas Hukum UBP dalam menerapkan pola baru pemagangan mendapat respon positif dari ketiga institusi yang diajak kerja sama tersebut. Ketua Pengadilan Negeri Karawang, Rustanto mengatakan menyambut baik rencana tersebut agar mahasiswa lebih banyak menimba pengalaman kerja. Senada dengan itu Ketua Pengadilan Agama, M. Basir mendukung program pemagangan yang baru tersebut untuk menciptakan lulusan UBP yang siap kerja.

Baca juga: Simak 10 Prodi Sainstek dengan Tingkat Keketatan Tertinggi di SNMPTN 2020


Menurut Dany, dengan dukungan tersebut pihaknya optimistis pelaksanaan program pemagangan di Fakuktas Hukum UBP akan berjalan lancar dan bermanfaat. "Kami harapkan semuanya berjalan sesuai rencana," katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)