Mendag Lutfi: Tak Hanya Adaptasi, UMKM Perlu Ekspansi ke Digital

Selasa, 09 Februari 2021 - 18:35 WIB
loading...
Mendag Lutfi: Tak Hanya Adaptasi, UMKM Perlu Ekspansi ke Digital
UMKM diminta tak hanya beradaptasi dengan era digital, namun juga berekspansi dengan memanfaatkan platform digital. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan pemanfaatan perdagangan online menjadi solusi aplikatif yang dapat diadopsi di masa pandemi. Sebab, saat ini banyak konsumen yang beralih ke platform online.

Oleh karena itu, kata dia, sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung Indonesia, juga harus mengarah ke digital.


"Tidak hanya beradaptasi tetapi juga mengembangkan usahanya di tengah tantangan ekonomi. Produk anak bangsa yang mendorong dan memberikan ruang bagi produk domestik menjadi salah satu faktor penting bagi penguatan kapasitas dan pemberdayaan UMKM di Indonesia," ujar Lutfi dalam webinar Tetap Melaju Bersama Gojek di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Dia menambahkan, upaya menguatan kapasitas UMKM tidak akan berjalan lancar tanpa kolaborasi yang kuat dari seluruh pihak. Pemerintah sendiri melakukan berbagai program lintas sektor dan bekerjasama dengan swasta untuk menjaga perdagangan terus berjalan.

"Salah satunya mendorong transaksi melalui platform online. Salah satu program pemerintah tersebut adalah program bangga buatan Indonesia yang diluncurkan pada 14 mei 2020 dan mencatat hasil menggembirakan 3,2 juta UMKM telah terdaftar pada 15 November 2020. Program seperti ini perlu dikembangkan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk Indonesia," katanya.

Dia mengucapkan apresiasi dan dukungan kepada Gojek yang secara konsisten telah melakukan berbagai inisiatif guna mendukung pemberdayaan UMKM di Indonesia, khususnya yang terdampak pandemi supaya tetap dapat berusaha dan berkarya.



Pemerintah melakukan berbagai program lintas sektor untuk menjaga roda perdagangan terus berjalan. Salah satunya dengan mendorong transaksi perdagangan di platform online. Gojek dan Kementerian Perdagangan sebelumnya telah berkolaborasi dalam program pemberdayaan UMKM dan penguatan pasar rakyat melalui pemanfaatan aplikasi Gojek.

"Kemitraan yang terjalin ini menjadi contoh pemanfaatan inovasi teknologi untuk memberikan solusi dari hulu ke hilir bagi pemberdayaan UMKM di Indonesia. Kami harap kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik untuk mendorong pemberdayaan UMKM Indonesia menuju ke arah yang lebih baik," katanya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)