Sampoerna Academy Dukung Lahirnya Para Inovator Muda Melalui STEAM EXPO 2021

Rabu, 10 Februari 2021 - 16:14 WIB
loading...
Sampoerna Academy Dukung Lahirnya Para Inovator Muda Melalui STEAM EXPO 2021
Sampoerna Academy dukung lahirnya para inovator muda Indonesia melalui STEAM EXPO 2021, Rabu (10/2). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai institusi pendidikan formal bertaraf internasional, Sampoerna Academy mengedepankan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) untuk mendukung pengalaman belajar lebih komprehensif dan berfokus pada pemecahan permasalahan.

Melalui program tahunan kompetisi dan pameran STEAM EXPO, siswa Sampoerna Academy dari tingkat early learning hingga menengah atas ditantang untuk unjuk hasil karya dan inovasi menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah.



Dengan total pendaftaran 425 karya dari 531 murid, Sampoerna Academy mengukuhkan komitmennya untuk terus memastikan kualitas proses pembelajaran tetap terjaga, efisien, dan efektif, meskipun dilaksanakan secara daring.

Director of Sampoerna Academy Dr. Mustafa Guvercin menjelaskan, misi Sampoerna Academy adalah terus memajukan pendidikan Indonesia tetap sama seperti saat kampus pertamanya berdiri. Menurutnya, situasi sekarang justru semakin mengukuhkan semangat pihaknya menjadi sekolah internasional dengan metode pembelajaran abad ke-21 yang mendorong budaya inovasi dan kolaborasi, demi lahirnya generasi yang lebih siap menghadapi masa depan.

"Kami menerapkan pendekatan STEAM untuk membantu pengembangan kompetensi murid, sehingga mereka lebih dewasa, percaya diri, dan memiliki tujuan belajar kuat. Metode ini juga mengintegrasikan experiential learning yang sangat efektif dan efisien membantu siswa tetap fokus dan berinteraksi selama sesi virtual. Hasil pembelajaran tersebut kemudian ditampilkan di STEAM EXPO 2021,” katanya melalui siaran pers.

Baca juga: Bantu Pembelajaran Siswa, Mendikbud Luncurkan Kampus Mengajar 2021


Digelar virtual, STEAM EXPO dibagi atas dua kategori; kompetisi untuk kelas tiga ke atas, dan pameran yang terbuka untuk seluruh siswa. Khusus untuk kompetisi, para finalis diharuskan mengikuti sesi presentasi di depan para juri, termasuk guest judge yang merupakan ahli pendidikan dan praktisi STEAM berskala nasional dan internasional.

Tentunya, kompetisi dan pameran STEAM EXPO 2021 juga bertujuan sebagai program pengembangan kompetensi 5C (Creative, Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Character) sekaligus menanamkan nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence) pada siswa.

Tahun ini, STEAM EXPO diisi berbagai karya inovatif milik individu dan kelompok yang mengangkat berbagai disiplin ilmu, seperti fisika, teknik, biologi, matematika dan komputer, social behaviour, hingga keberlanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)