Catat Tanggalnya, Ini Jadwal Seleksi Jalur Prestasi IPB University

Kamis, 18 Februari 2021 - 11:45 WIB
loading...
Catat Tanggalnya, Ini Jadwal Seleksi Jalur Prestasi IPB University
IPB University membuka jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) bagi pelajar yang memiliki prestasi luar biasa. Foto/dok IPB Univesity
A A A
JAKARTA - IPB University membuka jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) bagi pelajar yang memiliki prestasi luar biasa.

Untuk itu, silakan catat tanggalnya untuk bisa masuk kampus yang berpusat di Bogor ini melalui jalur prestasi.

IPB University telah menyelenggarakan jalur seleksi mahasiswa baru berdasarkan capaian prestasi baik nasional maupun internasional sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah.

Sejak Tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) seperti yang dikenal saat ini.

Dibukanya jalur seleksi PIN ini memungkinkan siswa dengan prestasi khusus dapat masuk IPB University.

Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr Drajat Martianto mengatakan, tujuan dibukanya jalur ini untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK yang berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal.

Berikut adalah jadwal pendaftaran seleksi masuk IPB University melalui jalur PIN sebagai berikut:

Pendaftaran : 1 Feb - 14 April 2021

Seleksi : awal Mei 2021
Pengumuman : 28 Mei 2021
Registrasi online : 29 Mei – 4 Juni 2021
Pengunduh Tagihan UKT : 7 Juni 2021
Periode Pembayaran UKT : 7-13 Juni 2021
Awal perkuliahan : 16 Agustus 2021.

“Untuk kualifikasi pelamar adalah lulus SMA atau Sederajat jurusan IPA atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis pada tahun 2021. Siswa merupakan siswa berprestasi dengan dibuktikan sertifikat penghargaan juara dalam lomba di tingkat internasional dan nasional,” katanya melalui siaran pers, Kamis (18/2/2021).

Adapun bidang lomba antara lain lomba karya ilmiah, olimpiade matematika, fisika, kimia, biologi, dan informatika, olahraga, hafizh, dan Pramuka. Saat ini untuk jalur Pramuka bekerja sama dengan Kwarda Jawa Barat.

Drajat menambahkan, pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa jalur PIN akan dilakukan pada 28 Mei 2021 melalui laman registrasi.admisi.ipb.ac.id. Verifikasi berkas akan diumumkan kemudian.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0621 seconds (0.1#10.140)