IPB University Berbagi Tips Sukses Membuat Startup untuk Milenial

Kamis, 25 Februari 2021 - 14:18 WIB
loading...
IPB University Berbagi Tips Sukses Membuat Startup untuk Milenial
Kampus IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Membangun startup kini bisa menjadi peluang bisnis bagi generasi muda . Bahkan Indonesia pun kini telah memiliki startup unicorn bahkan decacorn seperti Gojek, Tokopoedia, Traveloka dan lainnya.

Dikutip dari instagram resmi Institut Pertanian Bogor (IPB) University di @ipbofficial, IPB University memberikan tips kunci sukses membuat startup untuk milenial. Inti dari membuat produk atau bisnis harus berdasarkan 3 fits. Yakni, Problem-Solution Fit dimana produk yang ada harus menjawab solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.



Lalu, Business-Founder Fit yakni founder dan tim startup harus memiliki kapasitas dan passion dibidang usaha yang dijalani. Serta startup yang ingin dibangun harus dikomandoi oleh seorang CEO yang handal pula.

Selanjutnya Product-Market Fit yakni produk yang ditawarkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan buyer atau pembeli. Sehingga produk akan dibeli dan juga repeat order.

Para pendiri startup juga harus menyiapkan pula Business Model Canvas (BMC) yang baik, action plan dan business plan berupa deskripsi dan keunggulan atau inovasi produk atau usaha dan analisis kompetitor produk.



Selain itu juga disiapkan potensi pasar (market size, market share dan market value), strategi pemasaran, legalitas usaha dan sertifikasi produk yang sesuai dan terakhir desain kemasan yang eye catching.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)