UMKM Terpuruk, Hipmikindo Jabar Dituntut Kawal Pengusaha Mikro-Kecil

Sabtu, 27 Februari 2021 - 20:16 WIB
loading...
UMKM Terpuruk, Hipmikindo Jabar Dituntut Kawal Pengusaha Mikro-Kecil
Hipmikindo Jabar dituntut mendampingi UMKM agar tetap bertahan hingga naik kelas di tengah situasi pandemi COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Pandemi COVID-19 yang telah meluluhlantakkan sektor ekonomi telah berdampak besar terhadap keberadaan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Barat.

Kondisi tersebut harus menjadi perhatian Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Jabar sebagai wadah bagi para pelaku UMKM. Bahkan, di tengah pandemi yang belum berakhir, Hipmikindo dituntut untuk mendorong para pelaku usaha mikro dan kecil khususnya, agar naik kelas.

Baca juga: Selama PPKM Mikro Zonasi Risiko COVID-19 di KBB Didominasi Hijau

"Hipmikindo Jabar harus melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM di Jabar, agar meningkat menjadi pengusaha menengah hingga besar," ujar Dewan Pembina Hipmikindo Jabar,
Rahmat Hidayat Djati dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021).

Meski para pelaku UMKM di Jabar banyak yang terpuruk akibat pandemi, namun tidak sedikit dari mereka yang mampu bertahan dan tetap berkembang di tengah situasi pandemi.

Ketua Komisi II DPRD Jabar itu menambahkan, pihaknya juga mendorong Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran kepada DPD Hipmikindo Jabar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jabar sebagai mitra kerja pemerintah di sektor UMKM.

"Hipmikindo Jabar harus memberikan kinerja terbaik dan dapat merealisasikan visi dan misi pembangunan Jawa Barat, khususnya di bidang UMKM," tegasnya.

Jajaran pengurus DPD Hipmikindo Jabar sendiri telah resmi dilantik di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (23/2/2021) lalu. Dalam agenda pelantikan itu, DPRD dan Pemprov Jabar juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Provinsi Gyongsambuk-do, Korea Selatan.

Baca juga: Pergerakan Tanah di Saguling Terus Melebar, BPBD Minta Tim Geologi Turun

Salah satu wujud kerja sama tersebut, yakni Hipmikindo Jabar dapat bekerja sama dengan para pengusaha Korea Selatan. Selain itu, para pelaku UMKM di Jabar juga dapat memasarkan produknya ke Korea Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)