Vokasi UI Adakan Konsultasi Gratis tentang Pajak, Anda Tertarik?

Selasa, 09 Maret 2021 - 22:22 WIB
loading...
Vokasi UI Adakan Konsultasi Gratis tentang Pajak, Anda Tertarik?
Prodi Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi UI bersama Indonesian Young Tax Community (IYTC) kembali mengadakan Taxaction 2021. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Program Studi (prodi) Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi (Vokasi) Universitas Indonesia (UI) bersama Indonesian Young Tax Community (IYTC) kembali mengadakan Taxaction 2021.

“Kegiatan Taxaction merupakan pengabdian kepada masyarakat, dengan memberikan konsultasi secara cuma-cuma tentang pajak, khususnya dalam hal pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Tahun Pajak 2020),” kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia M.Si melalui siaran pers, Selasa (9/3/2021).



Kegiatan Taxaction mendapat dukungan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat III untuk penempatan relawan pajak di beberapa Kantor Pelayanan Pajak, yaitu KPP Pratama Ciawi, KPP Pratama Cibinong, KPP Pratama Cileungsi, KPP Pratama Depok Sawangan, dan KPP Pratama Depok Cimanggis.

Ketua Prodi Administrasi Perpajakan Arie Widodo, M.S.M., mengatakan, Taxaction berupaya memberi edukasi mengenai kesadaran pajak kepada masyarakat terkait dengan kewajiban pajak yang harus dilakukan tepat waktu agar tidak mendapat denda pelaporan sebesar Rp100.000.

Dia menjelaskan, tahun ini adalah tahun ke-9 Taxaction digelar. Pada tahun 2018, relawan pajak UI mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan RI sebagai role model relawan pajak percontohan nasional yang saat ini juga sudah dilakukan serentak di seluruh Indonesia di berbagai universitas.



Relawan pajak yang memberikan konsultasi adalah dosen dan mahasiswa semester 4 Vokasi UI. Relawan pajak Taxaction 2021 ini ada 55 orang dan 27 orang tim pendukung. Sebelum pandemi, relawan pajak roadshow ke kantor-kantor, namun sejak 2020 kegiatan konsultasi bertransformasi ke digital melalui aplikasi Zoom.

“Dalam situasi ketika kita masih berada di masa pandemi Covid-19, UI yang dalam hal ini dilakukan oleh Prodi Perpajakan, tetap memberikan layanan terbaik bagi publik yang mengalami kendala atau kesulitan mengisi SPT dan E-Filing,” kata Amelita.

Selain ditujukan bagi sivitas akademika UI melalui fakultas dan pusat administrasi, kami juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti PT Nestle Indonesia, PT Bukalapak, dan Tanihub untuk melayani pelaporan SPT para karyawan dan memberikan konsultasi untuk masyarakat umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)