Ingin Kuliah di Teknik Sipil dan Lingkungan IPB University? Cek Informasinya

Kamis, 11 Maret 2021 - 12:39 WIB
loading...
Ingin Kuliah di Teknik Sipil dan Lingkungan IPB University? Cek Informasinya
Kampus IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University Dr Erizal menjelaskan saat ini Program Studi (Prodi) Teknik Sipil dan Lingkungan yang diampu Departemen yang dipimpinnya telah mendapatkan pengakuan secara Internasional.

Pengakuan tersebut terlihat dari diperolehnya akreditasi dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Selain akreditasi, beberapa dosennya juga telah menghasilkan hak paten dan publikasi baik secara nasional maupun internasional dengan kredibilitas cukup tinggi seperti publikasi yang terindek dengan scopus.



Pengakuan secara internasional inilah salah satu tujuan sekaligus nilai tambah keunggulan Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan.

“Pengakuan dari luar negeri ini didasarkan pada visi Prodi yaitu menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka terutama di bidang teknik sipil dan lingkungan dengan pengakuan internasional dan kompetensi inti pada rekayasa sesuai kaidah ekologis dan kelestarian lingkungan,” katanya melalui siaran pers, Kamis (11/3).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan juga memiliki 22 dosen dan tiga di antaranya telah menyandang gelar profesor. Program kerjasama dengan universitas luar negeri seperti University of Tokyo Jepang, juga masih berjalan dengan baik.



Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan juga mendukung semua mahasiswa untuk menyalurkan bakatnya pada kompetisi baik di dalam maupun diluar negeri. Sebut saja The 1st International Seminar on Civil and Environment Engineering (ISCEE) dan Indonesian Civil and Enviromental Festival 2020.

“Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-33, mahasiswa kami meraih juara dua tingkat nasional dan juga juara dua dalam Civil Explosion #8 Perencanaan Pembangunan di Era New Normal tingkat nasional,” jelasnya.

Dukungan lain juga diberikan kepada mahasiswa yang ingin mengaplikasikan ilmunya secara langsung melalui program kerjasama dengan instansi swasta seperti PT Krakatau Tirta Industri, PT Unilab Perdana, PT Geosistem Unggul.

Dalam mendukung prestasi dosen dan mahasiswa, disediakan 7 laboratorium (lab) fisik yang dapat difungsikan dengan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Di antaranya adalah lab fisika dan mekanika tanah, lab struktur, lab hidrolika, lab kekuatan bahan, lab ilmu ukur tanah, lab limbah cair, lab limbah B3 dan lab komputer dengan keunggulan alat masing-masing.

“Mereka dapat bekerja sebagai insinyur sipil dan lingkungan, sebagai ahli struktur, ahli kontruksi. Lulusan prodi ini juga bisa bekerja sebagai surveyor, ahli teknik lingkungan, dan geoteknik,” ungkapnya.

Tidak heran jika saat ini Prodi Teknik Sipil dan Lingkungan menjadi salah satu program studi di IPB University yang tiap tahun diburu oleh calon mahasiswa. Hal ini terlihat dari keketatan persaingannya yang mencapai 1: 22 calon mahasiswa yang mendaftar pada tahun 2020.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4561 seconds (0.1#10.140)