Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka, Simak Apa Saja Ketentuannya

Senin, 15 Maret 2021 - 19:25 WIB
loading...
Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka, Simak Apa Saja Ketentuannya
Sejumlah calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Senin ini (15/3) pukul 15.00 WIB pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) resmi dibuka. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mematok beberapa ketentuan untuk jalur seleksi ini.

Dikutip dari Informasi Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021 yang bisa diunduh di laman LTMPT di ltmpt.ac.id, persyaratan peserta SBMPTN 2021 adalah siswa SMA/MA/SMK dan sederajat lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah.



Sementara bagi lulusan sekolah menengah atas sederajat yang berasal dari luar negeri harus memiliki ijazah yang disetarakan.

Selanjutnya, peserta SBMPTN adalah pendaftar yang mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021. Peserta SBMPTN juga harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menggangu kelancaran proses studi.

LTMPT juga mewajibkan bagi peserta SBMPTN yang memilih program studi dibidang Seni dan Olah raga wajib menggunggah portofolio dibidang masing-masing.



Sedangkan untuk ketentuan pemilihan program studi di SBMPTN adalah setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu perguruan tinggi negeri.

Ataupun peserta bisa memilih program studi masing-masing satu prodi pada dua perguruan tinggi negeri yang dituju.

Pendaftaran UTBK SBMPTN dibuka mulai 15 Maret sampai 1 April. UTBK dibagi 2 gelombang yakni gelombang 1 pada 12-18 April dan gelombang 2 pada 26 April-2 Mei. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN dilaksanakan pada 14 Juni pukul 15.00 WIB.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)