Beasiswa Santri Resmi Dibuka, UIN Jakarta Tawarkan 2 Prodi Ini

Selasa, 16 Maret 2021 - 19:39 WIB
loading...
Beasiswa Santri Resmi Dibuka, UIN Jakarta Tawarkan 2 Prodi Ini
Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri ( FK UIN) Jakarta. Foto/Dok/Humas UIN
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2021 sudah dibuka terhitung mulai hari ini, Selasa (16/3/2021). Melalui program ini, UIN Jakarta sendiri mempersilahkan para santri yang berminat mendaftar di dua program studi, Prodi Pendidikan Dokter pada Fakultas Kedokteran dan Prodi Farmasi pada Fakultas Ilmu Kesehatan.

Keterangan resmi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag menyebutkan pendaftaran PBSB dijadwalkan mulai hari ini Selasa 16 Maret hingga Kamis 15 April mendatang. “Pendaftaran PBSB tahun 2021 dibuka selama 1 bulan sejak 16 Maret hingga 15 April dan berbasis online,” ujar Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dr. Waryono Abdul Ghafur MA di Jakarta, Selasa (16/3/2021).



Seleksi PBSB sendiri dilakukan secara bertahap. Mulai dari verifikasi dan validasi data pendaftaran peserta, seleksi tes tahap pertama, dan seleksi tahap kedua sebelum kemudian diagendakan untuk diumumkan pada 31 Mei 2021.

Selanjutnya, pendaftaran PBSB dilakukan secara online oleh masing-maisng pesantren melalui laman https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb. Pada tahap ini, pesantren harus terlebih dulu memastikan Nomor Statistik (NSP)-nya terdaftar di Kemenag. Setelah dipastikan, pesantren bisa langsung mendaftarkan santrinya mengikuti program.

Santri yang telah didaftarkan akan mendapatkan akun santri. Lalu, santri melengkapi form isian dan dokumen sesuai ketentuan di dalam aplikasi pendaftaran PBSB online. Seluruh dokumen dikonversi dalam format Portable Document Format atau PDF.



Beberapa dokumen yang harus diisi antara lain scan asli pas foto berwarna ukuran 3Ă—4, scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Akte Kelahiran, scan Kartu Keluarga, scan Asli Surat Keterangan yang ditandatangani pimpinan Pesantren, dan scan asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri. Lainnya, scan asli nilai raport satu tahun terakhir, scan asli salinan ijazah yang dilegalisir atau surat keterangan lulus.

Seluruh berkas pengajuan nantinya akan diverifikasi oleh panitia di Kanwil Kementerian Agama Provinsi. Santri yang lolos seleksi selanjutnya akan diumumkan dan dibuatkan Kartu Peserta Seleksi PBSB.

Dalam dua tahap seleksi, santri akan mendapat beberapa materi ujian. Pada seleksi tahap pertama, santri akan mendapat Test Potensi Akademik (TPA), tes bahasa, dan tes kepesantren dan kebangsaan. Sedang pada seleksi tahap kedua, santri akan dites kemampuannya dalam membaca dan memahami kitab-kitab kuning dan tes hafalan al-Quran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3320 seconds (0.1#10.140)