Siapkan 2 Data Ini untuk Mengakses Pengumuman SNMPTN 2021

Senin, 22 Maret 2021 - 13:11 WIB
loading...
Siapkan 2 Data Ini untuk Mengakses Pengumuman SNMPTN 2021
Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) Mohammad Nasih. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 akan dibuka pada pukul 15.00 WIB. Para peserta hanya bisa mengakses laman dengan memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, kenapa para peserta harus memasukkan nomor pendaftaran karena nomor tersebut bersifat rahasia dan tidak diketahui oleh umum. Kalau hanya memasukkan nama, dia khawatir, ada banyak orang yang akan mencoba masuk ke laman pengumuman.



"Kita coba amankan dan tidak semua orang bisa masuk dengan menggunakan nama. Oleh karena itu yang diinput ialah nomor pendaftaran dengan passwordnya adalah tanggal lahir," katanya pada konferensi pers daring Pengumuman Hasil SNMPTN 2021, Senin (22/3).

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini menekankan, hasil kelulusan SNMPTN ini bersifat personal. Dimana yang mempunyai kewenangan saja, kata Nasih, yang bisa membuka hasil seleksi jalur masuk PTN melalui prestasi ini.

Nasih menjelaskan, jika diterima maka akan ada tulisan Selamat! Anda Dinyatakan Lulus Seleksi SNMPTN 2021. Dia menjelaskan, setelah dinyatakan lulus seleksi SNMPTN masih ada beberapa proses yang dilakukan di masing-masing perguruan tinggi.



Dia menuturkan, seseorang yang sudah lulus SNMPTN bisa saja digeser atau ditolak karena tidak memenuhi persyaratan. "Misal ada peserta yang lulus tapi kemudian raportnya itu palsu atau melakukan kecurangan bukan raport dia tapi raport orang lain. Tentu meski lulus seleksi SNMPTN tapi akan ditolak oleh perguruan tinggi yang bersangkutan," katanya.

Oleh karena itu, katanya, status penerimaan peserta SNMPTN yang lulus sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah PTN tujuan melakukan verifikasi data akademik. Baik raport dan atau portofolio.

Dia melanjutkan, khusus peserta KIP Kuliah PTN tujuan dapat melakukan verifikasi data ekonomi. Dan atau melakukan kunjungan ke tempat tinggal peserta sebelum menetapkan status penerimaan sebagai mahasiswa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)