Lulus SNMPTN 2021 Jangan Lupa Daftar Ulang, Begini Caranya

Senin, 22 Maret 2021 - 17:18 WIB
loading...
Lulus SNMPTN 2021 Jangan Lupa Daftar Ulang, Begini Caranya
Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih. Foto/Dok/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Penantian para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 hari ini berakhir sudah karena pengumuman hasil seleksi sudah dibuka pada pukul 15.00 WIB. Namun, meski sudah dinyatakan lulus ada satu tahapan penting yang mesti dilakukan yakni daftar ulang di masing-masing kampus penerima.

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021. "Selain itu agar segera cek jadwal registrasi ulang di PTN tempat diterima dan memenuhi ketentuan dan semua persyaratan yang ditetapkan," katanya pada konferensi pers daring Pengumuman Hasil SNMPTN 2021 melalui siaran pers, Senin (22/3/2021).



Rektor Universitas Airlangga (Unair) ini mengatakan, peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN Tahun 2021 sebagaimana dimaksud dalam keputusan tersebut akan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan dengan syarat telah memenuhi ketentuan.

Yakni, katanya, lolos verifikasi data akademik yang terdiri dari rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus atau SKTL asli) dan persyaratan lain. Registrasi ulang ini akan dilaksanakan oleh
PTN tempat Peserta SNMPTN diterima.

"Kepada peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021, wajib melihat syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) yang dapat dilihat di website/laman PTN tujuan masing-masing," imbuhnya.



Bagi peserta SNMPTN dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah), lanjut Nasih, harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen. Selain itu verifikasi juga bisa dilakukan dengan melakukan kunjungan ke alamat tinggal peserta.

"Peserta yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN Tahun 2021 tidak dapat mendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan
Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021," tegas Nasih pada konferensi pers.

Sebelumnya diberitakan, total siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN tahun ini sebanyak 110.459 pendaftar. Rinciannya adalah, yang diterima di PTN pilihan pertama (PTN 1) sebanyak 100.356 dan yang diterima di PTN 2 sebanyak 10.103. Sedangkan peserta SNMPTN yang diterima dari pelamar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah ada 29.904 siswa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)