Segera Daftar, Ini Link Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

Minggu, 28 Maret 2021 - 15:42 WIB
loading...
Segera Daftar, Ini Link Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka
Kemendikbud menjadikan program KIP Kuliah sebagai pintu untuk memperluas akses masyarakat ke perguruan tinggi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka pemerintah ingin meningkatkan akses ke perguruan tinggi untuk calon mahasiswa berprestasi dari kalangan tidak mampu. Melalui perubahan di biaya pendidikan dan biaya hidup Kemendikbud ingin mendorong sasaran penerima untuk mendaftar kuliah di program studi unggulan.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada peluncuran Merdeka Belajar episode Kesembilan:KIP Kuliah Merdeka, Jumat (26/3), mengajak siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu untuk memanfaatkan KIP Kuliah Merdeka yang akan diberikan kepada 200 ribu mahasiswa baru di PTN dan PTS.



Ada beberapa kesempatan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima KIP Kuliah Merdeka. Sebelumnya ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang sudah diumumkan hasil seleksinya beberapa waktu lalu. Sementara yang saat ini masih dibuka pendaftaran ialah melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN).

Selain itu juga ada seleksi mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN yang akan berlangsung pada bulan Agustus-Oktober 2021, tergantung jadwal seleksi mandiri di setiap PTN. Ataupun, dapat melalui seleksi masuk PTS yang juga tergantung dari jadwal yang sudah ditetapkan PTS masing-masing.

Dikutip dari Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah 2021, tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.



Pendaftaran juga dapat dilakukan secara mobile dengan terlebih dulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store.

Penerima KIP Kuliah ditetapkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) atas usulan perguruan tinggi setelah mahasiswa melakukan registrasi di perguruan tinggi.

Untuk pendaftaran akun di SIM KIP Kuliah calon penerima harus memasukkan data valid sebagai berikut:
1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan
3. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)



Calon penerima juga harus memiliki email yang aktif untuk pengiriman Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah berhasil melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)