Ornamen Header
2.869 Peserta UTBK SBMPTN akan Ujian di Pusat UTBK ITERA, Ini yang Wajib Dibawa
2.869 Peserta UTBK SBMPTN akan Ujian di Pusat UTBK ITERA, Ini yang Wajib Dibawa
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021. Foto/LTMPT
JAKARTA - Sebanyak 2.869 pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK- SBMPTN ) akan mengikuti ujian di Pusat UTBK Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.985 peserta mengikuti ujian Saintek, 642 peserta Soshum, dan 242 peserta ujian campuran. UTBK-SBMPTN di ITERA akan dilaksanakan pada 12-14 April 2021. UTBK di ITERA terdiri dari 5 sesi dengan pembagian 2 sesi per hari. Satu sesi ujian akan diikuti oleh 730 peserta.

Baca juga: Pusat UTBK ITS Tak Wajibkan Tes Rapid/Swab, tapi Wajib Perhatikan Ini

Koordinator Pelaksana UTBK ITERA Alviyanda menyampaikan, ITERA telah menyiapkan sebanyak 730 komputer dengan spesifikasi sesuai yang ditetapkan panitia pusat. Selain itu, ITERA juga akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 secara ketat selama pelaksanaan ujian.

Dia menjelaskan, ITERA sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung dan sudah memperoleh izin. Pelaksanaan UTBK di ITERA mengikuti arahan yang diberikan oleh Satgas Provinsi dalam penerapan protokol kesehatan.



“Seperti mewajibkan untuk peserta dari luar Lampung membawa hasil rapid test antigen, menyiapkan sarana cuci tangan, handsanitizer di setiap ruangan dan penggunaan faceshield. Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten Lamsel terkait kebutuhan tenaga kesehatan saat kegiatan nanti,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi ITERA di itera.ac.id, Selasa (6/4).

Baca juga: 11.716 Peserta UTBK SBMPTN akan Jalani Tes di UGM, Ini Jadwal dan Lokasinya

Selain itu, untuk di ITERA sendiri sudah melakukan beberapa persiapan. Seperti penyediaan sarana untuk penerapan protokol kesehatan. Mulai dari tempat cuci tangan di setiap gedung pelaksanaan ujian dan sterilisasi ruangan menjelang pelaksanaan UTBK.

Selain itu juga akan ada petugas khusus untuk memastikan diterapkannya protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK. UTBK di ITERA akan dilaksanakan di empat gedung yaitu Gedung Laboratorium Teknik 1, 2 dan 3 serta Gedung Kuliah Umum I.

Alviyanda menambahkan, bagi siswa yang ingin mengetahui jadwal dan lokasi ujian dapat mengecek langsung di kartu ujian yang dapat diunduh dari situs pendaftaran UTBK (LTMPT), sedangkan untuk melihat nomor kursi/gedung, ITERA menyediakan layout ruang ujian lengkap dengan kursi dan gedung di website PMB ITERA yang dapat diakses oleh seluruh peserta UTBK.



Baca juga: Kisah Zainul Muttaqin, Guru Tunanetra yang Berjuang dari Ruang Gelap Kehidupan

“Selain itu kami juga akan sediakan banner layout ruang ujian di setiap gedung ujian pada hari H untuk memudahkan peserta dalam mencari lokasi/ruang ujiannya. ITERA juga menyiapkan petugas yang membantu mengarahkan peserta dalam menemukan lokasi ruang/nomor kursi sebelum ujian dimulai,” ujar Alviyanda.

Bagi peserta yang akan mengikuti UTBK di kampus ITERA juga diberikan kesempatan untuk melihat atau mengecek lokasi ujian pada H-1 sebelum ujian berlangsung, yaitu pada Minggu 11 April 2021 pukul 09.00-16.00 WIB .

Pihak ITERA juga akan menyediakan petugas yang akan membantu mengarahkan peserta agar tidak menimbulkan kerumunan.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!