ITB Wisuda 20 Anggota Polri Magister Pakar Keamanan Siber

Minggu, 11 April 2021 - 18:28 WIB
loading...
ITB Wisuda 20 Anggota Polri Magister Pakar Keamanan Siber
20 Perwira Polri menyelesaikan program pacasarjana double degree Magister Teknik Elektro Opsi Rekayasa Manajemen dan Keamanan Informasi, Sabtu (10/4). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 20 Perwira Polri berhasil menyelesaikan program pacasarjana double degree Magister Teknik Elektro Opsi Rekayasa Manajemen dan Keamanan Informasi, Sabtu (10/4).

Program tersebut merupakan realisasi kerja sama antara Polri, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan the Korea International Cooperation Agency (KOICA), sebagaimana tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada 2018 antara ketiga institusi tersebut.



Wisudawan yang merupakan anggota Polri aktif tersebut telah mengikuti pendidikan selama empat semester yang dilaksanakan di ITB dan di Korean Naional Police University (KNPU) yang berlokasi di kota Asan, Chungcheongnam-do, Korea Selatan.

Selama dua semester mengikuti perkuliahan di ITB, perwira–perwira unggulan Polri tersebut belajar tentang keamanan komputer dan jaringan, forensik digital, kriptografi dan aplikasinya, kejahatan komputer, manajemen keamanan informasi dan penyusunan tesis.
ITB Wisuda 20 Anggota Polri Magister Pakar Keamanan Siber

Sedangkan di KNPU mereka belajar lebih jauh tentang forensik digital, investigasi dan pengumpulan alat bukti digital berteknologi tinggi, kriminologi siber, hukum kejahatan siber, serta mengikuti kelas ekstrakurikuler seni beladiri Korea.



Wisudawan telah menyelesaikan penulisan tesis yang terbagi dalam tiga kelompok topik, yaitu: topik manajemen keamanan informasi, teknologi deteksi dan keamanan informasi, dan forensik digital.

Acara wisuda yang dilaksanakan secara daring tersebut difasilitasi oleh Divisi Hubungan Internasional Polri yang merupakan inisiator kerja sama Polri dan KOICA ini.

Kepala Biro Misi Internasional, Brigjen Pol Krishna Murti, menyampaikan bahwa implementasi teknologi komunikasi dan informasi dalam kehidupan sehari–hari telah mengubah pola perilaku masyarakat yang berakibat terjadi pergeseran bentuk ancaman keamanan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)