Ornamen Header
Serba Serbi Seputar Persiapan UTBK SBMPTN 2021
Serba Serbi Seputar Persiapan UTBK SBMPTN 2021
Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) resmi dimulai hari ini. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) resmi dimulai hari ini. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pun menghimbau agar segala persiapan tes sudah disiapkan dengan baik oleh seluruh peserta ujian.

Dikutip dari instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Senin (12/4), LTMPT memberikan informasi seputar pertanyaan yang sering diajukan oleh para peserta UTBK SBMPTN.

Baca juga: Hasil SPAN PTKIN Diumumkan Siang Ini Pukul 13.00 WIB, Cek Link Kelulusan di Sini

Dapatkan informasi seputar seleksi masuk perguruan tinggi negeri hanya melalui laman media sosial @LTMPTOfficial dan laman ltmpt.ac.id.

Berikut ini daftar pertanyaan seputar persiapan UTBK SBMPTN yang sering ditanyakan para peserta yang dijawab LTMPT melalui media sosial Instagramnya:



1. Apakah benar jadwal UTBK 2021 diundur?
Tidak benar. Jadwal UTBK sesuai dengan yang sudah diinformasikan. Yaitu Gelombang 1 dimulai pada 12-18 April 2021 dan Gelombang 2 dimulai 26-30 April dan 1-2 Mei 2021.
Jadwal/hari pelaksanaan UTBK Gelombang 2 dilakukan penambahan waktu yaitu pada tangal 3-4 Mei 2021. Penambahan waktu pada pusat UTBK UI, UNJ dan UPN Veteran Jakarta sebanyak 4 sesi. Sedangkan Pusat UTBK Unsulbar pada 3 Mei sebanyak 2 sesi.

2. Apakah diperkenankan untuk mengikuti UTBK di tanggal/hari selain yang sudah tertera pada kartu peserta UTBK SBMPTN 2021?
Tidak bisa. Peserta hanya dapat mengikuti tes pada hari dan tanggal yang sudah tertera pada kartu peserta UTBK SBMPTN

Baca juga: 74 Kampus Jadi Pusat UTBK-SBMPTN, Prokes Harus Dijaga Ketat

3. Apakah benar sebelum mengikuti UTBK harus melaksanakan swab/rapid tes Covid-19?
Peserta UTBK wajib mencari informasi mengenai persyaratan dan lokasi tes di Pusat UTBK sebelum jadwal/hari pelaksanaan. Silakan cek apakah Pusat UTBK pilihanmu mensyaratkan tes atau tidak

4. Bagaimana jika pada saat hari pelaksanaan UTBK peserta mengalami gejala Covid-19 suhu > 37,5 derajat c?
Apabila suhu peserta melebihi ketentuan dari protokol kesehatan (>37,5 derajat C) maka tidak diperkenankan mengikuti ujian dan dipersilakan untuk menuju ruangan khusus untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis.



5. Apakah ada syarat pakaian untuk mengikuti UTBK 2021?
Peserta wajib menggunakan pakaian rapi dan sopan (tidak kaos oblong). Harus menggunakan sepatu (tidak menggunakan sandal)

Baca juga: UTBK SBMPTN Dimulai, Ini Tata Tertib Saat Ujian

6. Apa saja materi yang diujikan dalam UTBK 2021?
Materi UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Bagi peserta yang memilih prodi sainstek maka mengikuti TPS dan TKA Sainstek. Bagi peserta yang memilih prodi soshum maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Bagi peserta yang memilih prodi campuran (sainstek dan soshum) maka mengikuti TPS, TKA Sainstek dan TKA Soshum.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!