Ornamen Header
Tidak Ada Cadangan Sesi UTBK, Bagaimana Nasib yang Positif COVID-19?
Tidak Ada Cadangan Sesi UTBK, Bagaimana Nasib yang Positif COVID-19?
Pelaksanaan UTBK di Universitas Airlangga dilaksanakan dengan protokol yang ketat. Foto/Ist
JAKARTA - Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang tidak bisa hadir saat ujian bisa langsung gugur. Aturan ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih memberikan toleransi untuk masuk ke sesi ujian cadangan.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan saat ini tidak akan ada lagi kuota cadangan. Sehingga peserta yang tidak hadir dengan berbagai alasan langsung gugur.

Baca juga: SPAN-PTKIN 2021 Telah Diumumkan, Cek Link Kelulusan di Sini

Ketua LTMPT, Prof Mohammad Nasih menuturkan, sesi cadangan sudah digunakan Universitas Negeri Jakarta, Universitas Indonesia dan Universitas Pembangunan Negara (UPN) Veteran Jakarta. Sebab, universitas mewajibkan peserta untuk menyertakan hasil tes swab untuk mengikuti UTBK, apabila ada yang positif dipersilahkan mengikuti sesi cadangan.

“Makanya kami tidak punya lagi persediaan untuk mengakomodasi mereka (yang tidak hadir) di sesi cadangan. Mohon maaf sekali, namun masih ada jalur lain yang bisa ditempuh,” kata Nasih, Senin (12/4/2021).



LTMPT, katanya, memastikan bagi peserta yang tidak bisa hadir karena alasan COVID-19 dan mereka sudah menujukkan hasil tes swab sebelumnya tidak bisa mengakomodasi di sesi cadangan. “Tapi uang pendaftarannya kita kembalikan. Itu kalau alasan COVID-19, tapi kalau alasan malas atau apa itu beda lagi,” jelasnya.

Baca juga: 74 Kampus Jadi Pusat UTBK-SBMPTN, Prokes Harus Dijaga Ketat

Sementara itu, Ketua UTBK Unair Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto mengatakan, pelaksanaan UTBK hari ini terdiri dari dua gelombang. Ada sesi pagi yang dimulai pada pukul 06.45 WIB dan sesi siang yang dimulai pukul 13.00 WIB.

“Saat ini jumlah peserta UTBK Unair yang terdaftar adalah 19.143, yang terdiri dari kelompok Saintek sebayak 8.641 peserta, kelompok Soshum sebanyak 9.401 peserta dan kelompok campuran sebanyak 1.101 peserta,” jelasnya.

Lokasi UTBK di Unair disebar di Kampus A (Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi), Kampus B (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Perpustakaan, Gedung Serba Guna, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Vokasi) dan terakhir ada di Kampus C (PPMB Gedung ACC, Gedung ACC Lantai 2, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Gedung Nanizar Zaman Joenoes, Gedung Pertamina MIPA Dasar, Gedung Kahuripan Lt. 2 dan Fakultas Keperawatan).



“Tahun ini masih dalam masa pandemi COVID-19. Sehingga Pusat UTBK juga menghimbau para peserta untuk mengisi surveilans COVID-19 sehari sebelum ujian pada link utbk.unair.ac.id,” jelasnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!