Ornamen Header
Belajar Tips Menulis melalui Kelas Podcast Siberkreasi
Belajar Tips Menulis melalui Kelas Podcast Siberkreasi
Kemkominfo melalui Podcast Siberkreasi siap membangkitkan jiwa kepenulisanmu. Setiap Sabtu dan Minggu mulai 10-25 April 2021, Siberkreasi akan membuka kelas menulis dengan tema Menulis untuk Telinga.
JAKARTA - Salah satu kekuatan untuk mengemas pesan yang ingin disampaikan adalah melalui menulis. Dengan tulisan, apa yang kita pikirkan, apa yang kita rasakan dan apa yang kita inginkan akan tertangkap oleh orang lain.

Tetapi, sayangnya, menulis tidak semudah mengungkapkan dengan lisan. Tak jarang, kita ingin menulis A tetapi jadinya malah B. Bahkan ada kejadian konyol, sampai berjam-jam satu rangkaian kalimat pun belum juga ditorehkan di media tulis kita. Padahal gagasan demi gagasan telah bergejolak di dalam kepala.

Kali lain, kita mengalami kejadian yang sangat layak untuk dibagi melalui medsos. Karena kita anggap kejadian itu penuh dengan nilai. Akan tetapi karena keterbatasan ketrampilan menulis, kejadian tersebut tidak dapat terkomunikasikan. Alhasil, kita hanya bisa merekam dan menyimpan dalam ingatan kita. Sayang sekali bukan?

Kalau kita termasuk golongan ini, jangan berkecil hati. Karena temannya banyak. Tetapi keadaan ini tidak bisa kita abaikan. Kita harus berusaha memulainya. Lantas dari mana kita mulai menulis?

Kementerian Komunikasi dan Informatika, menangkap kebutuhan masyarakat untuk bisa memiliki skill komunikasi termasuk menulis. Oleh karena itu melalui programnya Kelas Podcast Siberkreasi, kita dapat belajar berbagai komunikasi dengan ragam media termasuk menulis, tanpa biaya atau gratis.



Khusus kelas menulis bakal diadakan pada setiap Sabtu dan Minggu, mulai dari 10 April 2021 hingga 25 April 2021. Beragam jenis tulisan akan diajarkan oleh para narasumber yang kompeten dan menyenangkan.

Setiap narasumber akan membagikan ilmu serta pengalamannya melalui media online. Jadi jangan khawatir, jika kamu berada di ruang yang jauh dengan narasumber, tetap bisa menyerap ilmu yang dibutuhkan.

Diharapkan usai berlatih, peserta bisa menulis dalam wujud berbagai jenis tulisan dan mampu dinikmati pembaca. Oleh karena itu, pelatihan menulis ini diberi judul “menulis untuk telinga”.

Belajar Tips Menulis melalui Kelas Podcast Siberkreasi


Adapun, materi yang diajarkan diantaranya:



1. Menjejak Dasar Kepenulisan bersama Idha Umamah (Sabtu, 10 April 2021). Materi yang diajarkan meliputi dasar kepenulisan, membuat struktur tulisan dalam kalimat dan paragraf, membedah SPOK dan jenis karya tulis .

2. Menemukan Inspirasi Menulis bersama Theoresia Rumthe (Minggu, 11 April 2021). Materi yang diberikan yaitu inspirasi menulis Mbak Theo, ragam metode untuk mengasah kemampuan menulis dan latihan mengembangkan tulisan dari masing-masing metode.

3. Membedah dan Merangkai Puisi bersama Adam Abednego (Sabtu, 17 April 2021). Materi yang diberikan diantaranya membedah apa itu puisi, karakter, spesialisasi dan latihan menulis puisi.

4. Menulis dan Membaca Cerpen bersama Patty dan Aan Mansyur (Minggu, 18 April 2021). Materi yang diajarkan yakni mengenal cerpen, struktur cerpen yang baik, latihan menulis cerpen dan kiat-kiat penulisan cerpen.

5. Membangkitkan 'Jiwa' Penulis bersama Yunita (STEF) (Sabtu, 24 April 2021). Dalam sesi ini diajarkan mengenai membangun karakter/ciri khas kepenulisan, membagikan tulisan di media sosial dan mengembangkan engagement audiens menjadi karya tulis.

6. Menulis untuk Telinga bersama Stef (Minggu, 25 April 2021). Di segmen ini, audiens akan mendapatkan materi mengenai bedanya menulis untuk mata dan telinga dan mengangkat tulisan jadi karya audio (podcast).

Jadi tunggu apalagi, ikuti kesempatan berharga ini dengan mengaksesnya melalui www.kelaspodcastsiberkreasi.com. CM
(ars)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!