2 Difabel Tuna Rungu dan Tuna Netra Ikuti UTBK di Universitas Brawijaya

Selasa, 13 April 2021 - 13:03 WIB
loading...
2 Difabel Tuna Rungu dan Tuna Netra Ikuti UTBK di Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya (UB). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 17.204 peserta dengan jumlah saintek sebanyak 8.526, soshum 7.935, dan campuran 743 mengikuti pelaksanaan kegiatan UTBK-SBMPTN yang digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 12 April-18 April. Gelombang kedua pada 26 April-4 Mei.

Dari jumlah tersebut, dua peserta merupakan difabel tuna rungu dan tuna netra yang mengikuti tes di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB).



Dekan FISIP Dr. Sholih Mu’adi, menyampaikan, gedung FISIP selalu digunakan sebagai tempat tes untuk peserta difabel.

“Karena ada ruangan yang cukup luas, ruang tunggunya juga memenuhi syarat physical distancing, letaknya juga di lantai satu, sehingga aksesnya ramah untuk peserta difabel,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UB di ub.ac.id, Selasa (13/4).

Koordinator Bagian TU FISIP Edy Roesanto menuturkan, peserta tuna rungu mengikuti tes pada Senin (12/4) sedangkan satu peserta tuna netra pada Kamis (15/4). “Untuk peserta tuna netra akan menggunakan alat khusus, dan akan didampingi oleh pendamping”, jelasnya.



Sementara itu, UB telah menyiapkan 17 gedung dengan 66 ruangan untuk pelaksanaan kegiatan UTBK-SBMPTN tahun ini.

Sejumlah 17 Gedung yang digunakan tersebut antaralain Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unit TIK Gedung Rektorat, serta Gedung Inbis.

Selain mempersiapkan ruangan, UB menyediakan 1275 komputer untuk setiap sesi dan 10 persen komputer cadangan untuk memperlancar pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)