IPB University Punya Program Pascasarjana Kimia, Ini Keunggulannya

Selasa, 20 April 2021 - 14:45 WIB
loading...
IPB University Punya Program Pascasarjana Kimia, Ini Keunggulannya
Kampus IPB University. Foto/Dok/Humas IPB
A A A
JAKARTA - Departemen Kimia IPB University merupakan salah satu departemen yang diminati oleh calon mahasiswa yang hendak mendalami Ilmu Kimia. Melalui kegiatan Chem Next G dipaparkan informasi untuk mengenal lebih dekat program pascasarjana di Prodi Kimia IPB University.

Ketua Prodi Magister dan Doktor Kimia FMIPA IPB University Dr Mohamad Rafi menyampaikan, lulusan dari Prodi ini mampu melakukan kajian di tingkat molekuler terhadap karakteristik, transformasi, dan energi pada bio-based material yang mendukung bagi pengembangan bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika melalui riset, hingga menghasilkan karya, kreatif original dan teruji.



Selain itu, lanjutnya, lulusannya juga mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi di bidang kimia. Serta aplikasinya untuk pertanian dalam arti luas melalui pendekatan interdisipliner, multi disiplin, dan transdisipliner.

“Lulusan juga bisa merancang, mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset di bidang kimia yang bermanfaat terutama dalam bidang pertanian, kelautan dan biosains tropika, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional,” katanya melalui siaran pers, Selasa (20/4/2021).

Keunggulan Prodi Ilmu Kimia IPB University juga disampaikan Saadatul Husna, Ketua Prodi Kimia Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Dalam kesempatan ini, Saadatul membagikan kisah perjalanannya studi S2 di Kimia IPB University.



“Alasan saya memilih S2 Kimia IPB University karena beberapa pertimbangan. Pertama, mudah secara birokrasi. Kedua, fasilitas kampus yang memadai. Ketiga, kompetensi dosen yang berkualitas. Keempat, organisasi kemahasiswaan yang aktif dan terakhir adalah lingkungan yang religius,” ungkap Husna.

Dosen Departemen Kimia FMIPA-IPB University Dr Sri Mulijani memaparkan, keilmuan kimia khususnya tentang membran polimer elektrolit untuk aplikasi sel bahan bakar.

Sel bahan bakar adalah serangkaian alat elektrokimia yang mengubah energi yang terdapat dalam bahan bakar (hidrogen, metanol, gas alam, dan lain-lain) melalui reaksi kimia dengan oksidan (okesigen dan udara) menjadi energi listrik.

“Keunggulan sel bahan bakar yakni memiliki efisiensi yang besar, ramah lingkungan, dan bahan bakar terbarukan. Sel bahan bakar dapat menggantikan energi fosil,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)