2 Mahasiswa FK-UI Raih Prestasi di Kompetisi Ilmiah Internasional

Rabu, 21 April 2021 - 13:33 WIB
loading...
2 Mahasiswa FK-UI Raih Prestasi di Kompetisi Ilmiah Internasional
2 mahasiswa FKUI Gideon Hot Partogi Sinaga dan Ariel Valentino Soetedjo torehkan prestasi di ajang ilmiah internasional SIMPICSED. Foto/Humas UI
A A A
JAKARTA - 2 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) torehkan prestasi di ajang ilmiah internasional Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology, and Immunology Competition Special Edition (SIMPICSED).

SIMPIC, atau yang pada tahun ini berubah nama menjadi SIMPICSED, adalah kompetisi internasional tahunan yang diselenggarakan sebagai ajang pertukaran pengetahuan bagi para mahasiswa kedokteran terutama pengetahuan yang terkait dengan penyakit infeksi, mikrobiologi, imunologi dan parasitologi.



Selain perubahan nama, pada tahun ini kompetisi ini pun digelar secara daring akibat pandemi COVID-19. Tercatat lebih dari 300 mahasiswa dari 12 negara turut berpartisipasi pada SIMPICSED 2021. Ajang ini diselenggarakan Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand Maret lalu.

Kedua mahasiswa FKUI yang berhasil menorehkan prestasi adalah Gideon Hot Partogi Sinaga (mahasiswa FKUI angkatan 2018) dan Ariel Valentino Soetedjo (FKUI 2016). Mereka berhasil mengharumkan nama FKUI setelah meraih Bronze Medal pada kompetisi tersebut.

Gideon menjelaskan, SIMPIC terdiri dari beberapa tahap lomba. Tahap pertama Individual Exam dan tahap berikutnya lomba secara tim yang terdiri dari 4 mahasiswa. Individu dengan skor peringkat teratas menerima medali Emas, Perak, dan Perunggu. Sementara 40 tim dengan skor tim rata-rata tertinggi akan maju ke tahap selanjutnya.



“Kami berdua berhasil meraih perunggu (bronze) pada Individual Exam ini,” tutur Gideon Hot Partogi Sinaga seperti dikutip dari laman resmi UI di ui.ac.id, Rabu (21/4).

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa FKUI ini tentunya tak lepas dari peran para pembimbing yang mendampingi mereka selama persiapan maupun pelaksanaan lomba. Para pembimbing tersebut adalah Dr. dr. Yeva Rosana, MS, SpMK(K); dr. Yenny Djuardy, PhD; Dra. Beti Ernawati Dewi, PhD; dan dr. Dimas Seto Prasetyo, SpMK.

“Kami ucapkan terima kasih yang sangat besar kepada para dosen pembimbing. Semangat para dosen dalam membimbing kami selama masa persiapan, walau dilakukan secara daring, menjadi salah satu pelecut semangat kami dalam berkompetisi di SIMPICSED 2021,” ucap Ariel Valentino Soetedjo.



Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, sangat mengapresiasi kabar yang membanggakan ini, Walaupun di tengah pandemi, tapi hal ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk berprestasi di tingkat internasional.

“Saya mengucapkan selamat bagi tim SIMPICSED, terutama bagi Gideon dan Ariel yang meraih Bronze Medal. Saya juga mengapresiasi para pembimbing yang berusaha mempersiapkan mahasiswa semaksimal mungkin. Semoga prestasi mereka menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berkembang selama kuliah di FKUI,” katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)