Ornamen Header
Anggota Komisi X DPR Ini Tetap Kekeh Minta PTM Digelar, Ini Alasannya
Anggota Komisi X DPR Ini Tetap Kekeh Minta PTM Digelar, Ini Alasannya
Anggota Komisi X DPR Ali Zamroni. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setahun. Hal tersebut tak hanya menimbulkan tantangan bagi siswa, guru maupun orang tua, tapi juga berefek kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar ( learning loss ) secara akademis karena berkurangnya intensitas interaksi guru dan siswa saat proses pembelajaran.

"Potensi learning loss, bisa terjadi karena berkurangnya intensitas interaksi guru dan siswa saat proses pembelajaran. Makanya, pembelajaran jarak jauh yang berkepanjangan ini sangat mengkhawatirkan karena bisa mengganggu karakter para siswa," kata anggota Komisi X DPR Ali Zamroni kepada SINDOnews, Rabu (21/3/2021).

Baca juga: Kamus Sejarah Tak Cantumkan KH Hasyim Asy'ari, Mendikbud: Langsung Kita Koreksi

Menurut Zamroni, learning loss yang diakibatkan oleh pembelajaran daring yang tidak cukup efektif ini akan semakin memberi dampak yang menghawatirkan bagi generasi penerus sebab masih banyak terjadi disfungsi teknologi dikalangan siswa yang malah berakibat pada penurunan minat belajar siswa.



Saat ini, lanjut dia, sudah banyak sekolah baik di pusat maupun daerah yang menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Langkah tersebut harus didukung sejalan dengan persiapan yang matang, di antaranya, seluruh gurunya sudah divaksinasi, mendapatkan izin dari wali murid, dan persiapan insfrastruktur yang memadai sesuai prokes.
Anggota Komisi X DPR Ini Tetap Kekeh Minta PTM Digelar, Ini Alasannya

"Layak atau tidaknya PTM, menjadi tugas semua pihak untuk bersama-sama menjaga agar rencana PTM nantinya dapat terlaksana dengan baik. Dapat di katakan layak, apabila pemerintah daerah, tenaga pendidik serta orang tua dapat bersama-sama saling mendukung agar siswa yang nantinya melaksanakan pembelajaran tatap muka tetap patuh akan protokol kesehatan," terangnya.

Baca juga: Persiapan PTM, Ribuan Guru PAUD-SMA Jalani Vaksinasi Covid-19 di Itenas Bandung
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!