Beasiswa LPDP Diperluas, Banyak Pilihan Beasiswa Menarik yang Ditawarkan

Sabtu, 24 April 2021 - 05:05 WIB
loading...
Beasiswa LPDP Diperluas, Banyak Pilihan Beasiswa Menarik yang Ditawarkan
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada peluncuran Merdeka Belajar episode ke 10: Perluasan Program Beasiswa LPDP. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Kemendikbud meluncurkan program Merdeka Belajar episode ke 10: Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini akan menyediakan 6 program baru yang tidak hanya ditujukan untuk siswa namun juga untuk mendukung kompetensi guru dan dosen serta para pelaku budaya.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, selama ini ada tiga program beasiswa yang dikelola LPDP. Yakni beasiswa afirmasi untuk yang berkebutuhan khusus, beasiswa untuk prasejahtera dan beasiswa afirmasi 3T.



Kedua adalah beasiswa targeted untuk PNS, TNI/Polri dan juga dokter spesialis dan juga ada beasiswa umum yakni pemberian beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 yang mayoritas untuk kuliah di luar negeri.

Saat ini, jelas Nadiem, program LPDP akan ditambahkan 6 program baru di tahun ini. Nadiem menjelaskan, esensi dari program ini adalah kemerdekaan dari dana LPDP sehingga bisa menjadi inkslusif.

Yakni tidak hanya untuk mendukung para siswa tetapi juga untuk mendukung dosen dan juga tenaga pendidik. Yang tidak hanya untuk memfasilitasi program degree, katanya, namun juga program-program non degree.



"Kita ingin memastikan kenapa kita ingin mau merubah LPDP menjadi lebih inklusif dan fleksibel penggunaannya dengan berbagai macam program," katanya pada peluncuran program Merdeka Belajar episode ke 10: Perluasan program Beasiswa LPDP secara daring, Kamis (22/4).

Nadiem menjelaskan, program pertama yang akan dibiayai LPDP ialah untuk program Kampus Merdeka. Program Kampus Merdeka ini mencakup mahasiswa yang akan mengajar di daerah 3T, magang dan studi bersertifikat, mobilitas siswa internasional ataupun pertukaran mahasiswa merdeka akan bisa dibiayai oleh LPDP.

Program kedua adalah untuk peningkatan kualitas dosen dan tenaga pendidik. Dimana akan ada beasiswa untuk dosen untuk mencapai gelar S2 dan S3 dan juga untuk riset atau magang di industri ataupun dosen yang ingin magang di perguruan tinggi lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)