Ornamen Header
Nadiem Makarim Ingin Kualitas Riset dan Teknologi di Kampus Meningkat
Nadiem Makarim Ingin Kualitas Riset dan Teknologi di Kampus Meningkat
Mendikbud Nadiem Makarim mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2020). FOTO/DOK.SINDOnews/YULIANTO
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek), Nadiem Makarim memiliki harapan tersendiri untuk bidang riset di Indonesia. Dia ingin agar kualitas bidang riset dan teknologi di kampus-kampus meningkat.

"Dan saya punya harapan besar untuk bisa benar-benar meningkatkan kualitas dan juga inovasi di universitas kita, di perguruan tinggi kita dalam bidang riset dan teknologi," katanya, Rabu (28/4/2021).

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Nadiem di Istana Negara sebagai Mendikbud-Ristek. Pelantikan ini menyusul peleburan Kemenristek ke dalam Kemendikbud.

Baca juga: Jokowi Resmi Lantik Mendikbudristek, Menteri Investasi dan Kepala BRIN

Nadiem pun mengaku siap menjadi mitra Badan Riset dan Teknologi (BRIN). "Seperti yang kita ketahui sekarang kita juga akan menjadi mitra kepada BRIN. Dan kami sangat semangat untuk bisa bekerja sama dengan Pak Handoko sebagai Kepala BRIN," ungkapnya.

Lebih lanjut dia juga ingin agar ada sebanyak mungkin mahasiswa dan dosen yang melakukan penelitian-penelitian di bawah BRIN. Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi Presiden Jokowi soal merdeka belajar.

"Dan ini menjadi salah satu hal yang juga selaras dengan link and match dan peningkatan 21st century skills di dalam perguruan tinggi kita untuk belajar di luar akademia juga. Di dalam riset, di dalam proyek-proyek sosial, magang di dalam industri dan berbagai macam pertukaran pelajar," katanya.



Baca juga: Laksana Tri Handoko: BRIN Harus Berikan Dampak Ekonomi dari Riset dan Inovasinya
(abd)
TULIS KOMENTAR ANDA!