Mahasiswa ITERA Raih Juara 1 Desain Hunian Bertingkat Tingkat Nasional

Kamis, 29 April 2021 - 17:07 WIB
loading...
Mahasiswa ITERA Raih Juara 1 Desain Hunian Bertingkat Tingkat Nasional
Tim mahasiswa ITERA Rizky Nuari Sipangkar dan Andrew A. Purba yang meraih juara 1 lomba desain bangunan hunian bertingkat tingkat nasional Hiptasi. Foto/Dok ITERA
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dari Program Studi Teknik Sipil Rizky Nuari Sipangkar dan Andrew A. Purba meraih juara pertama lomba desain bangunan hunian bertingkat tingkat nasional yang diadakan Himpunan Profesi Tenaga Konstruksi Indonesia (Hiptasi).

Dua mahasiswa tersebut merancang sebuah hunian bertingkat modern yang ramah lingkungan dengan konsep green building, serta memadukannya dengan ciri khas ornamen daerah Sumatera Utara, asal kedua mahasiswa.



Rizky Nuari Sipangkar menjelaskan, desain yang mereka rancang menyesuaikan tema yang ditetapkan penyelenggara, yaitu bangunan berbasis green building. Untuk itu, timnya membuat bangunan rumah 2 lantai yang dilengkapi beberapa fasilitas penunjang.

Yakni, panel surya untuk sumber energi listrik ramah lingkungan, pemanen air hujan (rain water harvesting) sebagai sumber air, sliding door dan jendela kaca berukuran besar, serta beberapa bagian atap dengan material kaca sebagai sumber cahaya di siang hari dan dapat menghemat penggunaan listrik.

“Kami juga menambahkan ornamen Simalungun pada rumah yang kami desainkan sesuai dengan suku asal kami yaitu Batak Simalungun dari Sumatera Utara,” ujar Rizky melalui siaran pers, Kamis (29/4).



Selain itu, hunian yang didesain juga merupakan bangunan tahan banjir, dengan menaikkan elevasi bangunan setinggi 1,1 meter di atas permukaan jalan.

“Inovasi desain kami buat berdasarkan beberapa referensi bangunan yang sudah ada dengan beberapa perubahan bentuk dan model yang disesuakan dengan konsep rumah adat batak simalungun,” tambah Rizky.

Sementara, Andrew A. Purba menambahkan, latar belakang timnya yang dibimbing oleh dosen Teknik Sipil ITERA, Ahmad yudi,S.T., M.T., mengikuti lomba tersebut adalah karena keduanya ingin membandingkan skill atau kemampuan yang dimiliki dengan mahasiswa kampus lain di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5972 seconds (0.1#10.140)