Mahasiswa UNS Raih Juara Kompetisi Poster di Malaysia

Jum'at, 30 April 2021 - 21:17 WIB
loading...
Mahasiswa UNS Raih Juara Kompetisi Poster di Malaysia
Mahasiswa UNS Surakarta Alif Solihin meraih juara 3 dalam kompetisi poster yang diselenggarakan oleh ACS UTM International Student Chapter. Foto/Humas UNS
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Alif Solihin meraih juara 3 dalam kompetisi poster yang diselenggarakan oleh American Chemical Society (ACS) Universiti Teknologi Malaysia (UTM) International Student Chapter.

Alif adalah mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS . Alif mengatakan bahwa kompetisi ini mengusung tema Embracing United Nations Sustainable Developments Goals (SDGs) Climate Action.



“Dari tema itulah saya mendesain poster publik yang bertujuan untuk menegur dan mengajak masyarakat dunia untuk menjaga ekosistem dunia sesuai dengan tujuan SDGs ke-13,” katanya dikutip dari laman UNS di uns.ac.id, Jumat (30/4).

Dia menjelaskan, sumber ide poster dari polusi udara akibat kegiatan industri dan gas emisi kendaraan berbahan bakar tak ramah lingkungan yang menyebabkan menipisnya bongkahan es di kutub utara dan selatan.

“Selain itu juga karena meningkatnya pemanasan global, ekstremnya lagi hal ini akan menyebabkan hewan di kutub kehilangan tempat tinggal dan volume air di bumi meningkat,” ungkapnya.



Berawal dari hal tersebut, ia ingin mengajak masyarakat untuk menyelamatkan binatang yang ada di bumi. Ajakan itu dibuat melalui ilustrasi poster yang cukup ekstrim dengan visualisasi hewan kutub yang sudah menjadi tunawisma dan meminta bantuan untuk menghindari pemanasan global sebelum terlambat.

Kompetisi yang diumumkan melalui akun facebook ACS UTM International Student Chapter ini diumumkan pada awal 2021. Melalui karyanya, Alif berhasil mengalahkan berbagai rival dari beberapa negara. Ia mengaku senang karena hal tersebut merupakan kemenangan pertamanya di tahun 2021.

Sebelum mengakhiri wawancara, Alif berharap semoga banyak prestasi-prestasi internasional yang ditorehkan oleh mahasiswa UNS.

“Selain itu, mengingat UNS sudah menjadi PTNBH, saya berharap muncul lebih banyak ‘sayap-sayap’ yang menunjang kualitas dosen dan mahasiswa UNS. Karena kita tahu sekarang pelebaran sayap salah satunya melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), semoga lebih banyak lagi upaya-upaya dari UNS,” tutupnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)