Puluhan Remaja Katolik Geruduk Islamic Center Ciamis, Bersihkan Ruang Isolasi COVID-19

Senin, 10 Mei 2021 - 05:02 WIB
loading...
Puluhan Remaja Katolik Geruduk Islamic Center Ciamis, Bersihkan Ruang Isolasi COVID-19
Puluhan remaja gereja Katolik dari Ciamis, dan Banjar, melakukan bersih-bersih ruang isolasi COVID-19 di kompleks Islamic Center Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto/iNews TV/Acep Muslim
A A A
CIAMIS - Aksi sosial digelar puluhan remaja Katolik dari Ciamis, dan Banjar, Jawa Barat. Mereka mendatangi Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, yang menjadi pusat isolasi bagi penderita COVID-19 .



Saat ini, ruang isolasi terpusat tersebut dalam kondisi kosong seiring dengan terus menurunnya kasus COVID-19 di Kabupaten Ciamis. Bersih-bersih ini dilakukan sebagai upaya antisipasi ada pemudik ke Ciamis, sehingga membutuhkan ruang isolasi dengan kondisi besrih dan nyaman.



Dengan mengunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, puluhan remaja Katolik membersihkan seluruh ruang isloasi. Dari mulai menyemprotkan cairan disinfektan, serta membungkus kasur dengan plastik agar tidak kotor, mengepel dan menyapu lantai, serta membersihkan kaca ruang isolasi.



Pemakiaan APD yang biasa digunakan tenaga medis dalam penanganan pasien COVID-19 tersebut, dilakukan oleh para remaja Katolik saat menggelar aksi sosial, sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa perjuangan para tenaga medis dalam menanganai pasien COVID-19 sangatlah berat, karena mereka harus bekerja dengan mengenakan pakaian yang panas dan melelahkan.

"Kita mengapresiasi terhadap para tenaga kesehatan yang sudah lama berjuang dalam menangani COVID-19 . Perjuangan yang sangat berat, karena satu tahun lebih ini dalam kondisi pandemi COVID-19 ," ujar Gatot, seorang pemuda yang juga calon imam di Keuskupan Bandung.

Puluhan Remaja Katolik Geruduk Islamic Center Ciamis, Bersihkan Ruang Isolasi COVID-19


Melalui aksi sosial ini, dia juga ingin menyampaikan pesan, bahwa dalam penanganan COVID-19 butuh kerjasama semua pihak, agar penyakit tersebut tidak terus menular di tengah masyarakat. Salah satunya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.



"Kita pun bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menanggulangi pandemi ini. Dan ingin ambil bagian dari situ. Ini bentuk partisipasi kami membersihkan rumah isolasi yang saat ini melibatkan 30 pemuda Katolik dari Ciamis dan Banjar," terangnya.

Gatot juga mengaku selama ini, berbagai kegiatan sering dilakukan Pemuda Katolik. Mulai dari membersihkan tempat peribadatan hingga rumah kemanusiaan. Ia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua pihak, sehingga semuanya taat protokol kesehatan dan pandemi ini cepat berakhir.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)