Ornamen Header
Tim Mahasiswa UNAIR Gagas Bahan Bakar Biodiesel Alternatif bagi Nelayan
Tim Mahasiswa UNAIR Gagas Bahan Bakar Biodiesel Alternatif bagi Nelayan
Tim PKMPM FKM UNAIR Banyuwangi Ciptakan BIOTA, Bahan Bakar Biodiesel Alternatif bagi Nelayan. Foto/Dok UNAIR
JAKARTA - Tim mahasiswa FKM PSDKU Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi menggagas inovasi bahan bakar biodiesel alternative untuk nelayan. Melalui gagasannya ini, tim inipun berhasil meraih prestasi yakni mendapatkan pendanaan atas proposal yang diajukan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021.

PKM bidang pengabdian masyarakat yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) PSDKU UNAIR ini terdiri dari Wulan Syarani Asdam, Muhammad Bahtiar Afandi, Indah Ayu Afsari, Sarda Ika Devi, dan A’yun Zul Silmi.

Baca juga: Kemendikbudristek Perkuat Mutu Dosen Melalui Beasiswa Gelar dan Non Gelar

Ketua Tim PKMPM Wulan Syarani Asdam menjelaskan, inovasi ini berawal dari permasalahan konsumsi minyak bumi di dunia yang tinggi, bertolak belakang dengan ketersediaan minyak bumi tersebut.



Hal ini menyebabkan harga minyak bumi melonjak tinggi. Harga bahan bakar tinggi merupakan suatu masalah tersendiri bagi nelayan.

“Jadi kami berinovasi untuk menggantikan bahan bakar fosil menjadi bahan bakar yang terbarukan. Yang mana salah satu dari energi terbarukan itu dapat berasal dari limbah minyak kelapa sawit atau biasa disebut sebagai minyak jelantah,” katanya dilansir dari laman resmi UNAIR di unair.ac.id, Senin (17/5).
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!