Ini Jadwal dan Kuota Ujian Mandiri Prodi S1 Undip

Rabu, 19 Mei 2021 - 20:04 WIB
loading...
Ini Jadwal dan Kuota Ujian Mandiri Prodi S1 Undip
Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Diponegoro (Undip) memberi kuota penerimaan sebanyak 5.089 mahasiswa baru melalui Jalur Ujian Mandiri untuk 51 program studi (Prodi) sarjana (S1).

Dilansir dari laman resmi Undip di undip.ac.id, Rabu (19/5), pendaftaran untuk Jalur UM Undip dibuka sampai dengan 17 Juni 2021. Adapun pelaksanaan ujian online akan dilakukan 21 Juni sampai dengan 3 Juli 2021. Sementara hasil tes masuk akan diumumkan pada 7 Juli 2021 mendatang.



Jalur UM merupakan satu dari empat jalur penerimaan mahasiswa baru Undip. Tiga jalur lainnya adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) atau yang dikenal sebagai jalur prestasi.

Ujian Mandiri Undip terbagi 2 program. Yaitu UM Regular (4.686 kursi) dan UM International Undergraduate Program atau IUP (403 kursi). Sistem penilaian tidak menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), namun memakai hasil ujian online yang akan dikombinasikan dengan portofolio calon mahasiswa.

Ujian online akan dilakukan melalui portal khusus. Materi ujian ialah tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA). Portofolio calon mahasiswa adalah nilai prestasi dari pendaftar mulai semester 1-6 selama duduk di bangku SMA/sederajat ditambah dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan.



Secara umum, semua program studi S1 Undip membuka jalur penerimaan melalui UM. Secara garis besar ada 34 program studi Saintek dan 17 program studi sosial humaniora yang menerima calon mahasiswa dari jalur UM di TA 2021/2022.

Di kelompok Prodi Saintek ada Prodi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat; kemudian di Fakultas Kedokteran ada Prodi Kedokteran Umum, Prodi Keperawatan, Prodi Gizi, Prodi Farmasi dan Prodi Kedokteran Gigi.

Kemudian di Fakultas Peternakan dan Pertanian terdapat Prodi S1 Peternakan, Prodi Teknologi Pangan, Prodi Agroekoteknologi dan Prodi Agribisnis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)