Ornamen Header
Memprihatinkan, Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Terjun Bebas Tertinggal Jauh dari Malaysia
Memprihatinkan, Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Terjun Bebas Tertinggal Jauh dari Malaysia
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Peringkat sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia mengalami penurunan signifikan berdasarkan daftar peringkat terbaru yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia The Times Higher Education (THE) yang kembali merilis THE Asian University Ranking 2021 .

Bahkan, Universitas di Indonesia tertinggal jauh dari peringkat universitas negara tetangga, Malaysia. Kondisi ini sungguh memprihatinkan sejumlah pihak, termasuk sejumlah akademisi.

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi THE Asia University Rankings 2021

Seperti diberitakan, sejumlah universitas di Malaysia mengungguli kampus di Indonesia dalam daftar peringkat yang dikeluarkan lembaga pemeringkatan kampus dunia THE dalam kategori Asian University Ranking.



Data terbaru tahun 2021 menunjukkan University of Malaya berhasil menduduki peringkat ke-49 di Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Kuala Lumpur ini sekaligus menjadi kampus nomor satu di negeri jiran tersebut.
Memprihatinkan, Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia Terjun Bebas Tertinggal Jauh dari Malaysia

UOM mengungguli Universiti Teknologi Petronas atau UTP (111), Universiti Tunku Abdul Rahman (119), Univerti Putra Malaysia atau UPM (136), Universiti Kebangsaan Malaysia atau UKM (150), Universiti Teknologi Malaysia (150), Universiti Utara Malaysia (155), dan Universiti Sains Malaysia (163).

Baca juga: UI Terbaik di Indonesia versi THE Asia University Rangkings 2021

Peringkat Universiti of Malaya bahkan jauh di atas universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) yang berada di posisi ke-15 di Asia Tenggara dan peringkat ke-196 di dunia. Seperti diketahui dari Indonesia hanya UI yang berhasil menembus 200 besar jajaran kampus terbaik di Asia.

UI memperoleh peringkat ke-15 di wilayah Asia Tenggara, di atas King Mongkut’s University of Technology Thonburi (Thailand), Universiti Tenaga Nasional (Malaysia), Vietnam National University (Vietnam), ITB (Indonesia), Chiang Mai University (Thailand), serta UGM (Indonesia).

Kondisi tahun sebelumnya kurang lebih hampir serupa dimana sejumlah perguruan tinggi Malaysia berada jauh di atas Indonesia.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!