Terbaik, 9 Mahasiswa ITB Sabet 5 Gelar Juara di Ajang Internasional

Selasa, 08 Juni 2021 - 16:22 WIB
loading...
Terbaik, 9 Mahasiswa ITB Sabet 5 Gelar Juara di Ajang Internasional
9 Mahasiswa FMIPA ITB Menorehkan Prestasi dalam International Young Chemists Summit 2021. Foto/tangkapan layar laman ITB
A A A
JAKARTA - 9 mahasiswa ITB dari Fakultas MIPA berhasil mengharumkan nama almamater di kancah internasional pada masa pandemi ini. Kesembilan mahasiswa ini menyabet lima gelar juara sekaligus dalam International Young Chemists Summit (IYCS) 2021 yang diumumkan akhir Mei lalu.

IYCS 2021 adalah sebuah kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh American Chemical Society Universiti Teknologi Malaysia (ACS UTM) International Student Chapter secara daring dengan tema “Building Sustainability With Chemistry”. Kompetisi ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Presentation, Video, dan Essay Competition, dengan dua di antaranya berhasil dimenangkan oleh mahasiswa FMIPA ITB.



Dilansir dari laman resmi ITB di itb.ac.id, Selasa (8/6), kategori pertama yang berhasil dimenangkan adalah Presentation Competition. Di bawah bimbingan Dr. Eng. Yessi Permana, tim yang beranggotakan Eunike Kartika Salduna (Kimia 2017), Jeconiah Joel Siregar (Kimia 2019), dan Mark Soesanto (TPB FMIPA 2020) berhasil memenangkan hadiah utama.

Sementara tim lain yang beranggotakan tiga mahasiswa Program Studi Kimia angkatan 2019; Afifah Rizqina, Farra Marsyanda, dan Khalisha Rhea Amalia meraih 1st Consolation Prize di bawah bimbingan Enny Ratnaningsih, Ph.D.

Pada kategori Essay Competition, salah satu mahasiswa Kimia 2019 kembali berhasil merebut hadiah utama. Ia adalah Muhammad Dzul Fakhri yang dibimbing oleh Ir. Muhammad Ali Zulfikar, M.Si., Ph.D., IPP.



Dua mahasiswa lainnya yang merupakan mahasiswa TPB FMIPA 2020 turut menorehkan prestasi dalam kategori ini. Di bawah bimbingan Robby Roswanda, S.Si., M.Si., Ph.D., Kevin dan Muhamad Novan Agandra Rois berturut-turut berhasil memperoleh 3rd Prize dan 1st Consolation Prize.

Seluruh sivitas akademika ITB mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih para mahasiswa dan dosen pembimbing. Prestasi ini tentu diharapkan dapat memantik semangat sivitas akademika ITB lainnya dalam mengharumkan nama almamater. Afifah Rizqina sebagai salah satu pemenang juga menitipkan pesan,

“Menang kalah dalam kompetisi sudah biasa, yang penting pembelajarannya. Jadi buat yang mau ikut lomba jangan takut dan tetap semangat saja, ya!” ujarnya penuh semangat.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5687 seconds (0.1#10.140)