Ornamen Header
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Usia Dini, Astra Dukung Pengembangan PAUD Kasih Bunda
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Usia Dini, Astra Dukung Pengembangan PAUD Kasih Bunda
Sekretaris Menteri Sekretariat Negara RI Setya Utama (tengah) bersama Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (kiri) saat penandatanganan prasasti peresmian renovasi PAUD Kasih Bunda, Kamis (10/9). Foto/Dok/Humas Astra
JAKARTA - Untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia, Astra membantu renovasi gedung PAUD Kasih Bunda , Tangerang, yang dilanjutkan dengan pembinaan dalam program kontribusi sosial
berkelanjutan Astra bidang pendidikan yaitu, Senyum Sahabat PAUD Astra (Senyum SAPA).

Peresmian renovasi bangunan PAUD yang dilakukan pada (10/6) merupakan hasilkolaborasi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia bersama Astra danperusahaan swasta lainnya.

Baca juga: Ini 16 Universitas Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022, UGM Masih Kokoh

“Astra menyadari pentingnya pendidikan anak pada usia emas untuk meningkatkankecerdasan anak dalam berkembang pesat diperlukan prasarana yang mumpuni. Olehkarena itu Astra mendukung upaya renovasi bangunan PAUD Kasih Bunda, serta
melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Chief ofCorporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam keterangan persnya, Kamis (10/6/2021).



Menurut Riza Deliansyah, renovasi gedung PAUD Kasih Bunda yang berlokasi di Tangerang telah berlangsung sejak Oktober 2020 dan menampung 35 murid.
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Usia Dini, Astra Dukung Pengembangan PAUD Kasih Bunda

Astra, lanjut dia, turut mengajak PAUD Kasih Bunda bergabung dalam program Senyum SAPA yangdiinisiasi oleh Astra dengan melakukan self-assessment terlebih dahulu dan kemudian akanmengikuti rangkaian pembinaan PAUD dari tahap awal hingga tahap lanjutan.

Baca juga: UI Masuk 300 Besar Dunia Versi QS World University Ranking

Senyum SAPA merupakan program pembinaan PAUD untuk mengukur kualitas PAUDbinaan Astra serta pengembangan kriteria asesmen yang mengutamakan 8 pilar utama yaitumanajemen kelembagaan, manajemen pembelajaran, sarana dan prasarana, kompetensitingkat pendidik, tingkat perkembangan anak, kemitraan dan partisipasi, kesehatan dankeselamatan peserta didik, dan prestasi.

Pada tahun ini, Astra melalui program Senyum SAPA telah melaksanakan asesmensebanyak 711 PAUD dari total 943 PAUD yang tersebar di 34 Provinsi .

Di sisi lain, sejak 2015, Astra juga telah menjadikan Sustainable Development Goals(SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai salah satu referensi dalammenyusun program kontribusi sosial berkelanjutan pada pilar pendidikan, khususnya tujuankeempat yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta meningkatkankesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Baca juga: UGM Tetap Jadi Kampus Terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings



Hal tersebut dilakukan agar program yang dijalankan selaras dengan SDGs dan sejalandengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Turut hadir dalam peresmian secara tatap muka Menteri Sekretariat Negara RepublikIndonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat NegaraSetya Utama, Direktorat Jenderal PAUD Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nia Nurhasanah, Chief of Corporate Affairs Astra RizaDeliansyah, Ketua Dewan Penasihat PAUD Kasih Bunda Siti Faridah Pratikno, KetuaYayasan Kesejahteraan Sekretariat Negara Sari Harjanti beserta jajarannya.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!