Jangan Khawatir, IPB University Masih Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur UTMBK

Rabu, 16 Juni 2021 - 00:01 WIB
loading...
Jangan Khawatir, IPB University Masih Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur UTMBK
IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - IPB University masih membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK). Seleksi UTMBK adalah seleksi mandiri yang digelar tiap tahun oleh IPB University. Jalur seleksi ini merupakan jalur terakhir bagi calon mahasiswa untuk bisa masuk di IPB University.

“IPB masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dengan menyelenggarakan jalur UTMBK untuk menerima mahasiswa program sarjana dan diploma pada tahun 2021,” ujar Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DAPPMB) IPB University Dr Nurhayati melalui siaran pers, Selasa (15/6).



Ia menjelaskan, IPB University memberikan kuota 21 % dari total mahasiswa yang diterima. Dengan demikian, akan ada 915 mahasiswa baru yang akan diterima untuk jalur ini. Dosen IPB University itu menjelaskan terdapat 34 program studi kelas reguler dan 5 program studi kelas internasional yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Sedangkan Kelas internasional hanya dibuka untuk program studi Kedoketeran Hewan (FKH), Teknologi Pangan (ITP), Teknologi Industri Pertanian (TIN), Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), dan Sekolah Bisnis (BNS).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa calon mahasiswa harus lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK-IPA), dan Madrasah Aliyah (MA) maksimal lulusan 3 tahun yang lalu. Sedangkan jalur sarjana hanya menerima siswa lulusan bidang Sains dan Teknologi (SAINTEK).



Terkait pelaksanaan ujian, Asisten Direktur Bidang Penerimaan Mahasiswa Baru dan Registrasi DAPPMB IPB University Dr Utami Dyah Syafitri, menjelaskan tes seleksi akan dilaksanakan secara daring dan bisa dilakukan di rumah masing-masing peserta.

Ia mengingatkan, batas akhir pendaftaran adalah hari Rabu, tanggal 16 Juni 2021. Sedangkan ujian akan dilaksanakan pada 27 Juni 2021. Calon mahasiswa bisa melihat persyaratan dan jadwal di website admisi.ipb.ac.id.

Pada saat registrasi online, kata Dr Utami, peserta UTMBK IPB University bisa memilih satu atau dua program studi yang ditawarkan. Bahkan, peserta diperkenankan untuk memilih pilihan ketiga apabila tidak terpilih di pilihan satu dan dua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)