Alumni Jerman dan STIH IBLAM Kerjasama Pendidikan dan Penelitian

Jum'at, 18 Juni 2021 - 13:03 WIB
loading...
Alumni Jerman dan STIH IBLAM Kerjasama Pendidikan dan Penelitian
PAJ dan STIH IBLAM menandatangani nota kesepahaman di bidang pendidikan dan penelitian. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) IBLAM menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) Tri Dharma Perguruan Tinggi. MoU kedua lembaga ini di bidang pendidikan dan penelitian.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Kampus STIH IBLAM, Jakarta Pusat, Kamis (17/6/2021) pukul 14.00 WIB. Ketua Umum PAJ, Vidi Galenso Syarief menandatangani MoU tersebut dengan Ketua STIH IBLAM, Gunawan Nachrawi. Penandatanganan kerjasama itu disaksikan jajaran pengurus PAJ dan pimpinan serta civitas akademika STIH IBLAM.

Vidi mengatakan, PAJ ini didirikan oleh mantan Presiden BJ Habibie. Sampai ini PAJ baru 8 sampai 10 provinsi yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut, Vidi menuturkan, MoU kali ini adalah yang ke-3 yang dilakukan PAJ selama 6 bulan pertama kepengurusannya. "Pertama MoU dengan Perwira (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia). Dengan Perwira, kaitannya di bidang IT dan marketplace," katanya dalam sambutan.

Kedua MoU dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) Raja Ampat. "MOU dengan Kadin Raja Ampat kaitannya adalah di bidang bisnis dan pariwisata," tandasnya.

Mengenai MoU dengan STIH IBLAM, Vidi yang juga seorang pengacara ini menjelaskan, kebetulan dia adalah dosen di STIH IBLAM. "Saya kebetulan dosen IBLAM sudah sejak 2014. Dan, saya juga alumni STIH IBLAM. Sudah 25 tahun kampus ini berdiri dan sangat bagus dosen-dosennya, termasuk Pak Bismar Siregar (mantan hakim agung)," jelasnya.

Doa berharap, dengan kerjasama ini STIH IBLAM bisa membuka program studi (prodi-prodi) lainnya. "Supaya ke depan, IBLAM bisa jadi universitas yang levelnya nasional bahkan internasional. Seperti kerjasama dengan Jerman ini, kan image-nya beda (high class)," tegasnya.

Ketua Yayasan LPIHM IBLAM, Rahmat Dwi Putranto berharap dengan kerjasama ini, lulusan IBLAM bisa ke Jerman. “Insya Allah. MoU ini jangan disia-siakan. Target-target peningkatan SDM mudah-mudahan tercapai. Kita sudah sepakat kerjasama dan harus kita gunakan momen ini sebaik mungkin," ujarnya.

Ketua STIH IBLAM, Gunawan Nachrawi mengatakan, langkah awal realisasi MOU ini adalah pendidikan dan penelitian. "Saya sambut gembira kerjasama ini. Mudah-mudahan bermanfaat MoU pelaksaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini," ucapnya.

Gunawan berharap, dengan kerjasama ini, PAJ dan IBLAM bisa saling mengisi. "Siapa tahu nanti ada perubahan kurikulum, misalnya," terangnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)