Blinken: Rusia Seharusnya Tidak Gunakan Energi sebagai Senjata

Kamis, 24 Juni 2021 - 07:22 WIB
loading...
Blinken: Rusia Seharusnya Tidak Gunakan Energi sebagai Senjata
Menlu AS Antony Blinken tiba di Jerman. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan Rusia seharusnya tidak menggunakan energi sebagai senjata.

Pada proyek pipa gas Nord Stream 2, yang direncanakan untuk meningkatkan pasokan gas Rusia ke Eropa, terutama Jerman, Blinken mengatakan dia melihat proyek tersebut sebagai ancaman bagi keamanan energi Eropa.

Blinken mengungkapkan itu pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas di Berlin, di mana dia datang untuk Konferensi Libya.



Blinken mengatakan Rusia tidak boleh menggunakan energi sebagai senjata. Dia menambahkan Nord Stream 2 mengancam keamanan negara tetangga Ukraina.



“Jerman memiliki perspektif yang berbeda tentang masalah ini,” ujar Blinken.



Dia menekankan Jerman dan AS akan terus berdiri bersama melawan tindakan berbahaya dan provokatif Rusia pada isu-isu seperti serangan di wilayah Ukraina, memenjarakan tokoh oposisi Rusia Alexey Navalny, dan menyebarkan disinformasi ke negara-negara demokrasi Barat.

Pada konferensi di Berlin, dia mengatakan mereka bekerja untuk Libya yang stabil dan aman.

"Kita memiliki kesempatan yang belum kita miliki dalam beberapa tahun terakhir untuk benar-benar membantu Libya bergerak maju sebagai negara yang aman, terjamin, dan berdaulat," papar Blinken.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)