Pakai 2 Masker Sangat Disarankan, Namun kalau Punya 1 Masker Apa yang Perlu Dilakukan?

Jum'at, 25 Juni 2021 - 04:24 WIB
loading...
Pakai 2 Masker Sangat Disarankan, Namun kalau Punya 1 Masker Apa yang Perlu Dilakukan?
Menggunakan dua masker dinilai lebih efektif dalam mengantisipasi varian baru virus Covid-19. / Foto: ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 yang semakin tidak terkontrol membuat pemerintah terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat. Salah satu caranya dengan memperketat protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker ganda.

Baca juga: Kondisi Mental Terganggu, Gofar Hilman Sempat Berpikir Berhenti Bikin Konten YouTube

Sebagai informasi, mutasi virus Covid-19 yang semakin banyak membuat penyakit ini menjadi lebih cepat menular dibandingkan sebelumnya. Alhasil protokol kesehatan yang lebih ketat diharuskan untuk mencegah terjadinya potensi penularan.

Merangkum dari Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, Kamis (24/6), menggunakan dua masker dinilai lebih efektif dalam mengantisipasi varian baru virus Covid-19. Hal ini juga telah dibuktikan dari hasil studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Studi tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan masker dua lapis dapat menghalangi 92,5 persen partikel yang berpotensi menular. Cara yang benar dengan mengkombinasikan masker medis di bagian dalam dan dirangkap dengan masker kain di bagian luar.

Namun, bagaimana caranya agar lebih terlindung apabila seseorang hanya membawa satu masker medis saja?

Ya, seseorang hanya perlu mengencangkan simpul pada tali masker yang dimiliki. Caranya dengan mengikat tali masker sedekat mungkin dengan ujung masker. Kemudian selipkan bagian ujung masker ke arah dalam.

Terakhir, pastikan tidak ada rongga pada masker ketika digunakan. Cara ini dinilai lebih efektif untuk mencegah virus masuk ke dalam saluran pernapasan melalui celah pada masker yang dikenakan.

Baca juga: Masyarakat Diajak Bekerjasama Atasi Ledakan Covid-19 dengan Melakukan Ini

Oleh sebab itu masyarakat juga diimbau untuk selalu menggunakan masker dengan benar, dibarengi juga dengan menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)