Keren, Pelajar Indonesia Borong 4 Medali pada Olimpiade Informatika Internasional

Selasa, 29 Juni 2021 - 13:16 WIB
loading...
Keren, Pelajar Indonesia Borong 4 Medali pada Olimpiade Informatika Internasional
Siswa Indonesia berhasil meraih 4 medali di kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-33 di Singapura. Foto/Dok BKHM Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Tim pelajar Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia pada kompetisi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-33 di Singapura. Empat siswa Indonesia berhasil meraih satu medali emas dan tiga medali perak pada ajang yang digelar secara daring pada 19 hingga 25 Juni 2021.

Medali emas diraih Pikatan Arya Bramajati, siswa SMA Semesta BBS Semarang. Sementara 3 perak diraih oleh Nicholas Patrick (SMA Cita Hati Christian Surabaya), Rama Aryasuta Pangestu (SMAK Kanisius Jakarta) dan Edbert Geraldy Cangdinata (SMA Sutomo 1 Medan).

Baca juga: Masuk Final, Siswa Madrasah Ini Wakili Indonesia di Olimpiade Biologi Internasional

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasinya kepada empat siswa Indonesia terbaik bidang informatika yang telah berhasil meraih medali pada ajang kompetisi IOI tersebut.

“Selamat kepada adik-adik, generasi muda Indonesia yang telah mempersembahkan empat medali dari empat siswa terbaik yang kami kirim pada kompetisi IOI ke-33,” katanya melalui siaran pers, Selasa (29/6).

Asep Sukmayadi mengatakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional secara konsisten mengirimkan pelajar berprestasi pada berbagai kompetisi bidang informatika seperti IOI ke-33 tahun 2021.

Baca juga: Keren, Madrasah Unggulan Ini Raih Medali Perak Kompetisi Sains Dunia

“Kita memerlukan generasi-generasi atau barisan-barisan di berbagai bidang yang harus kita siapkan. Oleh karena itu, lebih dari 15-20 tahun ini, Kemendikbudristek senantiasa konsisten menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional, khususnya di bidang informatika,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Asep, setiap tahun Kemendikbudristek menyiapkan peserta didik terbaik untuk menjajal kemampuan mereka dan memberikan pengalaman kepada mereka di level internasional.

“Kami turunkan siswa-siswi terbaik kami pada level internasional agar mereka dapat pengalaman dan terus mengharumkan nama bangsa Indonesia,” ujar Asep.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3898 seconds (11.97#12.26)