Sulap Limbah Udang Jadi Penyedap Rasa, Mahasiswa Ini Lolos di Ajang Internasional

Jum'at, 09 Juli 2021 - 03:14 WIB
loading...
Sulap Limbah Udang Jadi Penyedap Rasa, Mahasiswa Ini Lolos di Ajang Internasional
Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Foto/Dok/Itera
A A A
JAKARTA - Gagas pemanfaatan limbah kulit udang jadi penyedap makanan ramah lingkungan, mahasiswa Teknologi Pangan dan Teknik Material Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) berhasil mewakili Indonesia sebagai Superstar Team pada Rising Star Agrifood Innovation Challenge 2021.

The Rising Star Agri-Food Innovation Challenge adalah kompetisi yang secara eksklusif dihidupkan oleh Indonesia, Malaysia, dan Thailand Growth Triangle University Network (IMT-GT UNINET) dan Green Growth Asia Foundation (GGAF), dan didukung oleh Thought For Food (TFF) Foundation global.



Kompetisi ini ditujukan untuk mengumpulkan ide dan inovasi terkait pengembangan solusi dari tantangan mendesak mengenai sektor pertanian dan pangan yang ada di dunia.

Tim mahasiswa ITERA yang mengusung nama Wastera menjadi salah satu tim Superstar dari indonesia dan mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi internasional tersebut. Wastera berasal dari kata waste yang berarti limbah dan tera yang berasal dari kata ITERA.

“Ide produk ini juga untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat terhadap pandangan negatif dari penggunaan penyedap rasa karena dengan adanya produk ini, kini di pasaran sudah ada penyedap rasa yang 100% tanpa campuran komponen buatan,” katanya dilansir dari laman ITERA di itera.ac.id, Kamis (8/7).



Tim Wastera terdiri dari 5 anggota. Diketuai oleh Zayna Sayyida Ulya mahasiswa Prodi Teknologi Pangan dan 4 anggota lainnya. Yaitu Ichsan Rafi Alamsyah dan Imam Nur Arifin dari Prodi Teknologi Pangan, serta M. Arsy Aqilla Putra R., dan Daniel Christoper Munthe, dari Prodi Teknik Material.

Zayna menjelaskan, kelompoknya mengusungkan ide inovasi pengolahan limbah udang menjadi penyedap rasa alami. Ide tersebut bertujuan untuk mengurangi kenaikan angka food loss di Indonesia dan berperan dalam mengurangi pencemaran lingkungan.

“Ide produk ini juga untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat terhadap pandangan negatif dari penggunaan penyedap rasa karena dengan adanya produk ini, kini di pasaran sudah ada penyedap rasa yang 100% tanpa campuran komponen buatan,” ujarnya.

Selanjutnya tim Wastera akan mendapatkan mentoring dari Thought For Food Indonesia untuk mempersiapkan presentasi dari gagasan yang diusung pada Agustus 2021 mendatang. Kompetisi ini akan memperebutkan hadiah sebesar USD5.000 untuk juara satu dan USD2.500 untuk peringkat ke dua.

“Semoga apa yang kami coba gagas dan lakukan dapat menginspirasi masyarakat luas untuk terus melihat potensi yang ada pada limbah, sehingga bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah,” ujar Zayna.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)