Pentingnya Industri Digitalisasi 4.0 untuk Dunia Pendidikan

Rabu, 14 Juli 2021 - 23:02 WIB
loading...
Pentingnya Industri Digitalisasi 4.0 untuk Dunia Pendidikan
Dosen di Prodi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Islam As-Syafiiyah yang juga Staff Ahli Kemenpora, Samsudin. Foto/Dok/UIA
A A A
JAKARTA - Merebaknya wabah virus corona (Covid-19) di Tanah Air tercinta menuntut semua pihak untuk beradaptasi dengan tuntutan digitalisasi di era Industri 4.0. Terutama para tenaga pendidik yang harus menyesuaikan segala proses pembelajaran dengan perkembangan zaman era industri 4.0 , dimana peranan digitalisasi sangat dominan dalam segala aspek.

Untuk itu, Universitas Islam As-Syafi'iyah , Prodi Magister Teknologi Pendidikan, menggelar webinar Asesmen digital bagi para pengajar dengan tema "Asesmen Pembelajaran Dengan Aplikasi Digital Dalam Pembelajaran Online". Asesmen adalah penilaian pendidikan atau evaluasi pendidikan untuk menyempurnakan program dan meningkatkan pembelajaran siswa.



Kegiatan webinar yang diikuti oleh 113 peserta ini buka oleh Kaprodi Magister Teknologi Pendidikan Dr. M.Fahri Yasin dan juga dihadiri oleh dosen di Prodi Magister Teknologi Pendidikan yang juga Staff Ahli Kemenpora, Dr. Drs. Samsudin, SH., M.Pd sebagai keynote speaker.

Pemateri inti dalam acara ini diisi oleh dosen Prodi MTP yang mengampu mata kuliah asesmen Pendidikan, yakni Dr. Khasanah, M.Pd. sekaligus memimpim permainan asesmen dengan aplikasi Kahoot. Selain itu, acara ini juga diramaikan oleh guru sekaligus mahasiswa di MTP UIA yang lahir di zaman digital, yakni Agita Violy dan Ahmad Ridho.

Dosen Prodi Magister Teknologi Pendidikan yang juga Staff Ahli Kemenpora, Dr. Drs. Samsuddin, SH., M.Pd mengatakan webinar Asesmen Pembelajaran Dengan Aplikasi Digital Dalam Pembelajaran Online yang digelar Universitas Islam As-Syafi'iyah sangat bagus.



Menurutnya, assesmen digital menuntut kemampuan tenaga pendidik agar mampu menyesuaikan segala proses pembelajaran dengan perkembangan zaman industri 4.0.

"Terkait dengan assessment digital bagi para pengajar yang dilaksanakan oleh Universitas Islam As-Syafi'iyah khususnya program studi magister teknologi pendidikan, gelaran acara ini sangat bagus sekali karena menuntut kemampuan tenaga pendidik agar mampu menyesuaikan segala proses pembelajaran dengan perkembangan zaman industri 4.0, dimana di dalam perkembangan zaman era industri 4.0 ini dituntut bahwa peranan digitalisasi itu sangat dominan dalam segala aspek terutama para pendidik," kata Samsudin, Rabu (13/7/21).

"Sekarang sudah bukan lagi era manual dalam mengajar, sudah era online, dalam mengevaluasi pun harus online dan itu harus mempergunakan aplikasi aplikasi digital, dituntut kemampuan IT yang baik, untuk itu kalau tenaga pendidik guru pengajar tidak bisa menyesuaikan maka akan tertinggal," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)