Ornamen Header
4 Tips Mendapat Tempat Magang Impian bagi Mahasiswa
4 Tips Mendapat Tempat Magang Impian bagi Mahasiswa
Mendapatkan tempat magang yang cocok dan sesuai dengan minat, bakat dan potensi bagi mahasiswa adalah impian. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Mendapatkan tempat magang yang cocok dan sesuai dengan minat, bakat dan potensi bagi mahasiswa adalah impian. Sebab dengan menemukan tempat magang sesuai dengan minat maka tidak hanya ilmu yang akan semakin terasah namun juga pengalaman bekerja juga akan didapat sehingga akan semakin memantapkan langkahnya untuk memasuki dunia kerja.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, bagi yang masih bingung untuk mendapatkan tempat magang disediakan 4 tips untuk mempermudah mencari tempat magang dari berbagai penawaran tempat magang yang dibuka berbagai perusahaan atau institusi lain.

Baca juga: Vokasi UI Juara Umum Kompetisi Artificial Intelligence GCC

"Jangan lupa juga segera kunjungi laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id karena ada banyak lowongan magang dari berbagai perusahaan ternama yang sedang menunggumu!," tulis Ditjen Dikti di IGnya.

Mengenai magang sendiri, Kemendikbudristek melalui program Kampus Merdeka menyediakan program Magang Bersertifikat yang bisa diikuti mahasiswa. Program ini akan memberikan pengalaman kerja nyata bagi mahasiswa selama 1-2 semester.

Berikut ini adalah 4 tips untuk mendapat tempat magang impian:
1. Ketahui Apa Yang Menjadi Minatmu
Jika insan pendidikan tinggi tidak mau gagal saat pengajuan lamaran magang, pastikan sudah mengetahui lebih dahulu bidang kerja seperti apa yang diimpikan nantinya.



Baca juga: Dokter Spesialis UGM Ini Jelaskan Teknik Proning untuk Pasien Sesak Nafas

2. Ketahui Kredibilitas Perusahaan
Kredibilitas perusahaan juga menjadi poin penting untuk dipertimbangkan saat mencari tempat magang. Lakukan riset kecil untuk mengetahui kredibilitas yang jelas dan diakui kualitasnya. Sebab hal tersebut akan menentukan pengalaman yang akan diterima nantinya.

3. Buat CV Yang Menarik
Pada saat melamar, buat CV semenarik mungkin dengan mencantumkan pengalaman yang dimiliki. Jika belum mempunyai pengalaman magang, bisa juga dimasukkan pengalaman lainnya seperti kerja sukarela, event kampus atau pengalaman organisasi untuk dapat menggambarkan potensi atau kemampuan yang dimiliki.

4. Tingkatkan Hard Skill dan Soft Skill
Agar diterima magang di tempat impian, maka harus juga memiliki keterampilan yang baik. Sarana untuk mengasah keterampilan bisa dengan mengikuti berbagai program workshop atau pelatihan.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!