Ornamen Header
Pakar Unpad: Waspadai Titik Lengah Penularan Covid-19, Ini Titik-titiknya
Pakar Unpad: Waspadai Titik Lengah Penularan Covid-19, Ini Titik-titiknya
Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unpad Dr. Yulia Sofiatin mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai titik lengah penularan Covid-19. Foto/Dok/Unpad
JAKARTA - Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Dr. Yulia Sofiatin, dr., SpPD, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai titik lengah penularan Covid-19. Banyak titik lengah yang membuat orang tertular tanpa sadar.

“Jangan kepedean bahwa di kantor kita sudah menjaga protokol kesehatan . Padahal titik lengahnya banyak yang kita tidak perhatikan,” ujar Yulia dilansir dari laman unpad.ac.id, Jumat (16/7).

Baca juga: Dosen Psikologi Unair Ini Beri Tips untuk Tangani Stres Saat Pandemi

Meski pemerintah sudah memberlakukan kebijakan PPKM Darurat, masih ada sejumlah pekerja yang masih harus bekerja di lingkungan kantor. Yulia mengatakan, penerapan protokol kesehatan yang ketat selama berada di kantor tidak cukup menghindarkan seseorang dari penularan virus Covid-19.

Titik lengah yang harus diwaspadai dimulai dari ketika melakukan perjalanan menuju kantor. JIka menggunakan kendaraan umum, pastikan apakah pengguna kendaraan umum sudah menjaga jarak atau tidak.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi atau layanan taksi daring, lanjut Yulia, pastikan apakah sirkulasi udara di dalam mobil sudah baik atau belum. Jika sirkulasi udara dalam mobil tidak lancar, hal ini akan menyebabkan aerosol yang mengandung virus bisa lebih lama bertahan di dalam kabin.



Baca juga: Keren, Tim ITS Pertahankan Juara Kompetisi Desain Feri Tingkat Dunia

Selama di kantor, masyarakat juga perlu mengevaluasi apakah sudah menerapkan protokol kesehatan atau tidak. Sekalipun di dalam ruangan tidak ada rekan kerja lainnya, penggunaan masker di dalam ruangan harus terus dipakai.

“Jangan karena di ruangan sendiri lalu buka masker, padahal kita membawa barang-barang yang mungkin sudah membawa virus, sehingga banyak potensi yang bisa menularkan,” ujar Yulia.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!