Selamat Hari Pramuka, Hasto: Pelopor Kaderisasi Kepemimpinan Generasi Muda Bangsa

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 18:20 WIB
loading...
Selamat Hari Pramuka, Hasto: Pelopor Kaderisasi Kepemimpinan Generasi Muda Bangsa
Peringatan Hari Pramuka diperingati setiap tahun di Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Pramuka diperingati setiap tahun di Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, peringatan Hari Pramuka sekaligus menjadi momentum 60 tahun kiprah Gerakan Pramuka di Indonesia.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) melalui Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengucapkan Selamat Hari Pramuka yang jatuh pada hari ini, Minggu 14 Agustus 2021.



Pesan utama yang disampaikan PDI Perjuangan dalam peringatan Hari Pramuka 2021 adalah "Pendidikan Pramuka Kedepankan Budi Pekerti, Perkuat Rasa Cinta Tanah Air".

Hasto menyatakan Gerakan Pramuka (Praja Muda Karana) Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia sangatlah penting guna menggelorakan nasionalisme dan patriotisme.

"Pramuka yang memiliki arti Jiwa Muda yang suka berkarya dikenal memiliki peran penting dan hadir sebagai pelopor kaderisasi kepemimpinan generasi muda Indonesia," kata Hasto kristiyanto dalam keterangan pers, Minggu (14/8/2021).



Hasto menyadari bahwa seluruh pengalaman kepemimpinan selama ini berkat gemblengan Pramuka sejak kecil. “Pada tahun 1981, saya mewakili SMP Negeri Gentan Yogyakarta, dan terpilih sebagai peserta Jambore Nasional 1981 di Cibubur dan sekaligus Jambore Asia Pasifik. Saya pun masih hafal menyanyikan Hymne Pramuka," tuturnya.

Menurut Hasto pendidikan dan pelatihan di Pramuka sangat luar biasa. Bagi dirinya pribadi, di Pramuka ia dilatih kesetiakawanan ketrampilan khusus, solidaritas sesama manusia tanpa membeda-bedakan suku, agama, status sosial dan gender.

“Pendidikan Pramuka luar biasa. Pelatihan agar mandiri, membangun karakter positif, team building, dan pendidikan budi pekerti dikedepankan. Kesemuanya disampaikan dengan penuh kegembiraan, dan dilakukan di alam terbuka," tandasnya.

“PDI Perjuangan berharap agar Dasa Dharma Pramuka dan Trisatya dapat diamalkan dengan sebaik-baiknya, dan Pramuka benar-benar menjadi gerakan kepanduan bagi pembentukan karakter generasi muda Indonesia," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)