Guru yang Tetap Menyalakan Semangat Belajar di Tengah Pandemi

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 10:34 WIB
loading...
Guru yang Tetap Menyalakan Semangat Belajar di Tengah Pandemi
Karena tidak semua siswa memiliki gadget, Oniwati, Guru SDN 2 Lebakparahiyang kunjungi murid-muridnya untuk belajar di rumah
A A A
JAKARTA - Hari itu, Oniwati, Guru SDN 2 Lebakparahiang, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, jadwalnya keliling. Dengan menyiapkan sejumlah buku dan soal, ia mendatangi dari rumah ke rumah siswa.

Kegiatan itu dilakukan semenjak pemerintah meniadakan belajar tatap muka lantaran pandemi Covid-19. Pemerintah menggantinya dengan Pengajaran Jarak Jauh (PJJ).

Daerahnya yang masih minim secara ekonomi, dan infrastruktur, menjadi hambatan tersendiri.

“Karena di kampung jadi kami terhalang oleh signal, belum lagi keluhan orang tua tentang harga kuota yang mahal,” tuturnya.

Selain itu, lanjut guru yang mengajar di kelas lima SD ini, tidak semua orang tua siswa di sekolah tempatnya mengajar, mampu membeli gadget seperti hp, apalagi personal komputer dan laptop seperti di kota-kota besar.

“Kalau yang punya hp tugas untuk siswa dikirim ke WA group, kalau yang tidak punya hp, seminggu dua kali saya keliling rumah siswa untuk belajar tatap muka di rumah,” tutur wanita berkerudung ini.

Memang di saat pandemi yang penuh keterbatasan ini, guru seperti dirinya dipacu untuk melakukan berbagai cara agar proses KBM dapat berjalan.

Para guru juga dituntut untuk berdaptasi dengan teknis pembelajaran dengan metode E-learning memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai perkembangan zaman.

Inilah yag membuat guru menciptakan inovasi dalam memberikan materi belajar mulai dari mengajak menggambar bersama, membuat video, membuat film, mendongeng, dan menggugahnya di sosial media.

“Kasian kalau kita sebagai guru tidak berusaha menyesuaikan dengan keadaan. Kalau orangtua siswanya kebetulan pintar, bisa ajarin anaknya. Tapi kalau orang tuanya kurang pengetahuan dan tidak bisa mengajarkan anaknya, ini kan yang kasihan siswanya. Makanya sebagai guru kita harus berusaha bagaimana pun caranya,” kata Ibu Guru Oni dengan penuh semangat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4004 seconds (0.1#10.140)