KKN Tematik, Mahasiswa Uhamka Lakukan Pemberdayaan Ekonomi di Kota Solok, Sumbar

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 16:24 WIB
loading...
KKN Tematik, Mahasiswa Uhamka Lakukan Pemberdayaan Ekonomi di Kota Solok, Sumbar
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka). Foto/Dok/Uhamka
A A A
JAKARTA - Mahasiswa program studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (PG PAUD UHAMKA) yang tergabung dalam KKN Tematik Dara Fatmilatun melakukan Pemberdayaan Masyarakat di Saok Laweh, Kota Solok, Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 45 hari, mulai dari 5 Juli sampai 20 Agustus 2021. Selama menjalankan KKN tematik , mahasiswa Uhamka ini telah mempersiapkan program-program yang bisa diterapkan di wilayah tersebut.



Salah satunya mengenai pemanfaatan peluang bisnis di Desa Saok Laweh, yakni memproduksi makanan cepat saji 'Burger Fish' yang bisa dikembangkan lebih maksimal. Bahkan, masyarakat sekitar cukup antusias menerima pemberdayaan peluang usaha tersebut.

"Masyarakat kita berikan keterampilan dalam membuat makanan cepat saji Burger Fish dalam rangka menciptakan peluang bisnis di desa tersebut. Antusiasnya cukup tinggi," kata Dara Fatmilatun, mahasiswa KKN tematik, dalam keterangan pers, Sabtu (28/8/2021).

Menurut Dara, sebenarnya di daera tersebut sudah ada beberapa produk burger yang dijajakan di wilayah tersebut. Namun, lanjut dia, produk tersebut terbuat dari bahan daging dan ayam. "Oleh karena itu, saya membuat inovasi burger yang terbuat dari daging ikan. Dengan adanya inovasi, hal ini dapat dijadikan peluang berbisnis di Desa Saok Laweh," terangnya.



Dosen Pendamping Lapangan KKN Tematik Uhamka, Khusniyati Masykuroh, M.Pd, mengaku sangat mendukung program yang dikembangkan mahasiswanya tersebut. Apalagi, Dara berusaha memanfaatkan potensi lokal yang melimpah untuk dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

“Saya sangat mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Dara, mahasiswa PG PAUD FKIP UHAMKA karena mampu memanfaatkan potensi lokal di Desa Saok Laweh dengan pembuatan Burger Fish,” ungkap Khusniyati.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2597 seconds (0.1#10.140)