Ornamen Header
Layak Dicoba, Tips Lolos UTBK Meski dengan Nilai Kecil
Layak Dicoba, Tips Lolos UTBK Meski dengan Nilai Kecil
Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2021. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Halo para pejuang PTN , adakah di antara kamu yang mulai mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN dari sekarang? Sudah mengikuti latihan soal UTBK, tapi masih mendapatkan nilai yang kecil? Bagaimana saat mengikuti ujiannya nanti ya? Nah, buat kamu yang sering merasa insecure, ada beberapa tips lolos UTBK yang bisa kamu lakukan ketika mendapatkan nilai kecil, lho. Apa saja itu? Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Nilai Kecil Bisa Lolos UTBK SBMPTN?
Yah, walaupun peluangnya tak sebesar yang memiliki nilai tinggi, tapi kamu masih punya kesempatan lolos UTBK meski mendapatkan nilai yang pas-pasan kok. Bagaimana caranya? Sebelum lebih jauh, ada baiknya jika kamu memahami dulu standar nilai yang harus kamu dapatkan ketika mengikuti UTBK SBMPTN.

Baca juga: Anak Mulai Malas Belajar? Ini Cara Mengatasinya

Nilai kecil itu berapa sih? Mungkin beberapa diantara kamu sering bertanya tentang ini. Jadi begini, nilai yang baik dan berpeluang tinggi lolos adalah di atas 600. Jika perlu, kamu harus latihan soal SBMPTN, atau bahkan mengikuti try out UTBK agar mendapatkan nilai di atas 600.



Apalagi, saat ini banyak platform bimbel online yang menawarkan try out UTBK gratis yang bisa kamu manfaatkan. Pahamify misalnya, bimbel online ini kerap membuka try out untuk persiapan UTBK secara cuma-cuma. Tapi, tidak menutup kemungkinan, ada peserta yang sudah mati-matian belajar UTBK namun masih saja mendapatkan nilai kecil di kisaran 550, bahkan hanya 400, lho.

Jika mendapatkan nilai kecil, siapa pun orangnya pasti akan langsung pesimis kan? Tapi tenang, kamu masih punya kesempatan buat lolos UTBK, lho, asalkan mengikuti cara berikut ini:

Baca juga: 5 Sekolah Termahal di Indonesia yang Biayanya Capai Ratusan Juta, Ini Daftarnya

Pilih PTN yang Sesuai Kemampuan
Sebelum mengikuti UTBK SBMPTN, kamu tentu sudah membayangkan betapa bangganya jika akhirnya kamu lolos di PTN impian. Apalagi, jika PTN yang kamu inginkan masuk dalam kategori kampus favorit, seperti UI, ITB, UGM dan sejenisnya. Namun, sebelum memilih PTN impian, kamu juga harus mengetahui tingkat persaingannya.

PTN favorit seperti yang disebutkan tadi, tentu memiliki ribuan hingga puluhan ribu peminat. Dengan tingkat persaingan yang setinggi itu, peluang lolosnya pun juga semakin tipis kan? Bukan merendahkan, namun jika misalnya nilai yang kamu dapatkan pas-pasan, peluang lolosnya juga akan semakin berat.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!