Layak Dicoba, Tips Lolos UTBK Meski dengan Nilai Kecil

Senin, 30 Agustus 2021 - 06:35 WIB
loading...
A A A


Jadi, tidak ada salahnya kan jika kamu mempersiapkan diri dengan memilih kampus yang lebih rasional persaingannya. Yang perlu kamu ingat adalah, kualitas seseorang itu tidak bisa ditentukan dari tempat kuliahnya, melainkan dari sejauh mana dia berproses selama kuliah.

Perhatikan Daya Tampung Jurusan
Tips lolos SBMPTN jika kamu punya nilai kecil selanjutnya, adalah dengan memperhatikan daya tampung jurusan yang kamu targetkan. Daya tampung yang dimaksud adalah, kuota penerimaan mahasiswa sesuai dengan kapasitas maksimal jurusan tersebut. Masing-masing PTN menerapkan standar yang berbeda pada daya tampung jurusannya. Jadi, ada jurusan yang memiliki daya tampung kecil, tapi sangat tinggi peminatnya.

Sebaliknya, ada pula yang memiliki daya tampung besar, namun sedikit peminatnya. Nah, jika nilai yang kamu hasilkan pas-pasan, kamu bisa memilih yang kedua, yaitu jurusan dengan daya tampung besar namun sedikit peminatnya. Namun, bukan berarti kamu memilih jurusan seadanya, atau tidak sesuai dengan minat dan bakatmu, lho.

Banyak kok, jurusan-jurusan keren yang punya daya tampung besar, namun peminatnya tidak terlalu banyak. Namun, sebelum memilih jurusan tersebut, pelajari dulu bagaimana peluang kamu ketika lolos pada jurusan tersebut? Ukur juga kemampuanmu mengikuti setiap mata kuliah yang diberikan nantinya.

Pilih Jurusan yang Paling Berpeluang untuk Lolos
Selain mempertimbangkan PTN yang sesuai kemampuan dan memperhatikan daya tampungnya, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membandingkan jurusan yang mungkin kamu pilih berdasarkan peluang lolosnya. Caranya, kamu bisa menghitung daya tampung kursi dengan rasio peminatnya.

Misalnya seperti ini, jurusan A memiliki daya tampung sebanyak 296 kursi, dengan peminat sebanyak 871 orang. Jadi peluang kamu adalah: 971-871 = 675. Artinya jika nilai kamu di atas 675, maka kemungkinan besar kamu akan lolos jurusan tersebut.

Bagaimana? Sudah siap untuk menghadapi UTBK SBMPTN tahun depan? Semoga kamu mendapatkan nilai yang bagus agar lolos PTN impian ya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)