Mendikbudristek Sebut Mahasiswa Harus Punya Keberanian Ambil Risiko

Kamis, 02 September 2021 - 07:23 WIB
loading...
Mendikbudristek Sebut Mahasiswa Harus Punya Keberanian Ambil Risiko
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada 1981, menyelenggarakan Tanoto Scholars Gathering 2021 yang berlangsung 1 hingga 2 September 2021.



Diharapkan dengan program Kampus Merdeka, mahasiswa bisa belajar secara langsung di dunia nyata sekaligus mulai memberi dampak pada lingkungannya.

"Mahasiswa harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko, apalagi mengingat usia yang masih muda dan kesempatan yang ditawarkan melalui program Kampus Merdeka. Inilah waktunya untuk mengambil risiko, inilah waktunya untuk menantang diri sendiri," kata Nadiem dalam sesi yang dipimpin oleh Tanoto Scholar dari ITB, Intan Subadri, Rabu (1/9/2021).

"Mulai dengan mengambil risiko untuk berteman dengan orang dari latar belakang dan punya perspektif berbeda, untuk mengambil mata kuliah yang sulit, atau mencoba untuk mengikuti program di luar kampus. Keluarlah dari zona nyaman, keluarlah dari kolam renang akademia dan masuk ke dalam lautan terbuka dan belajar di situ," tambahnya.

TSG 2021 dibuka dengan keynote speech dari Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation Anderson Tanoto yang berbagi mengenai nilai-nilai keluarga Tanoto dan juga tips praktikal untuk Tanoto Scholars agar bisa menjadi pemimpin yang berkontribusi bagi masyarakat.

"Tanoto Scholars yang ada di sini bisa mulai berkontribusi dengan langkah berikut, satu perhatikan lingkungan kita sendiri. Apa yang sedang dibutuhkan? Ada masalah apa di sana? Kedua, mulai dengan apa yang kita punya. Mungkin bisa bisa membantu mengajar anak-anak di lingkungan rumah, atau membagikan ilmu atau informasi di sosial media. Ketiga, kita bisa membantu lewat informasi dan akses. Apakah ada orang yang kesulitan tapi tidak mendapatkan bantuan? Keempat, optimisme adalah realisme yang baru. Bagikan kebaikan kita supaya orang lain terinspirasi," ucap Anderson Tanoto.

Dilanjutkan Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation, jika TSG 2021 yang diadakan bertepatan dengan bulan peringatan 40 tahun berdirinya Tanoto Foundation menjadi penanda komitmen Tanoto Foundation untuk menumbuhkan generasi pemimpin muda masa depan.

"Kami harap Tanoto Scholars yang hadir dapat mendapatkan banyak pelajaran dan perspektif baru dari berbagai pembicara dan juga berjejaring dengan sesama peserta agar mereka mendapatkan bekal sebagai pemimpin masa depan. Kami harap, sepulangnya dari TSG 2021, Tanoto Scholars mendapatkan semangat baru untuk terus berkarya dan berkontribusi di tengah semua tantangan yang sedang kita alami," jelasnya.

Selain itu, peserta TSG 2021 juga diajak dalam kunjungan virtual ke berbagai tempat operasional mitra Tanoto Foundation seperti APRIL Group, APR, Restorasi Ekosistem Riau, Asian Agri, dan Apical. Untuk menutup rangkaian acara TSG 2021, penyanyi dan penulis lagu Ardhito Pramono akan tampil untuk menghibur Tanoto Scholars.

Tanoto Scholars adalah mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program kepemimpinan dan beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation. Pendaftaran TELADAN 2022 untuk mahasiswa semester satu dari sembilan universitas mitra Tanoto Foundation sedang berlangsung sampai tanggal 30 September 2021.

Dalam mendukung pengembangan pemimpin masa depan, Tanoto Foundation membina calon pemimpin masa depan untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat.

Untuk memfasilitasi riset medis, Tanoto Foundation bermitra dengan lembaga kesehatan di Singapura untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang kondisi kesehatan yang prevalen di Asia serta menerapkan ilmu pengetahuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang menghambat potensi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0718 seconds (0.1#10.140)